26 Nopember 2019   Lifestyle

Stress Saat liburan? Ini 5 Cara Mengatasinya yang Bisa Kamu Lakukan

Liburan tentu menjadi impian setiap orang sehingga aktivitas ini selalu diinginkan. Ada beragam manfaat liburan yang bisa dirasakan mulai dari menyegarkan jiwa dan pikiran, membangkitkan semangat, hingga menikmati waktu berkualitas dengan orang-orang terkasih.

Sayangnya, stres saat Liburan kerap tak terhindarkan. Keadaan ini bisa terjadi karena adanya beragam hal yang terjadi dan tidak direncanakan sebelumnya. Lantas, bagaimana cara mengatasi stress selama berlibur? Ketahui 5 di antaranya sebagai berikut:

Siapkan Anggaran dengan Tepat


Menipisnya kondisi keuangan dan membengkaknya pengeluaran sering kali menjadi pemicu munculnya rasa uring-uringan hingga berakhir stres. Untuk mengatasi kondisi ini, kamu perlu menyiapkan anggaran liburan dengan tepat terkait tiket, penginapan, serta uang makan.

Selanjutnya, menjadi pribadi yang disiplin dan tegas terhadap anggaran yang sudah ditetapkan di awal pun perlu diterapkan. Jangan pernah menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak ada di dalam daftar perjalanan kamu. Hal ini juga berguna untuk menghindari rasa penyesalan yang mungkin muncul setelah liburan usai akibat kehabisan uang.

Cari Teman Jalan


Bagi Anda yang berlibur seorang diri, tidak ada salahnya untuk mencari teman jalan. Hal ini disebabkan oleh rasa sepi yang dapat muncul saat tidak ada teman cerita dan berbagi. Pasalnya, kesepian bisa mengakibatkan seseorang mengalami kekacauan mental.

Adanya teman jalan akan membuka kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat baru di sekitar daerah tempat kamu liburan. Hasilnya, liburan pun akan jauh dari rasa stres dan berubah menjadi menyenangkan.

Baca juga: Liburan Singkat Coba Datang ke Tempat Ini Dijamin Seru

Tetap Bergaya Hidup Sehat


Sebelum rasa penat dan gangguan emosional muncul selama berlibur, ada baiknya jika kamu tetap menerapkan gaya hidup sehat. Tidak jarang makanan dan minuman berlimpah saat kamu berada di lokasi liburan di mana seluruh kudapan tersebut kerap mengandung lemak berlebih.

Untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, kamu wajib mengendalikan asupan makanan yang ada dan jangan mengonsumsinya dalam jumlah berlebih. Yang tidak kalah pentingnya adalah selalu mencuci tangan sebelum makan. Kamu juga sebaiknya tetap melakukan olahraga di pagi hari selama berlibur, misalnya lari-lari kecil di sekitar penginapan.

Tidur dan Istirahat yang Cukup


Adapun cara lain menangani stres yang mungkin muncul saat liburan yakni mendapatkan tidur dan istirahat yang cukup. Sudah bukan rahasia lagi jika waktu tidur untuk orang dewasa sebaiknya 7-9 jam setiap malamnya.
Mendapatkan tidur yang cukup juga akan membantu kamu tetap segar dan bugar selama liburan sehingga suasana hati menjadi lebih tenang. Jadi, selalu pastikan dirimu memiliki tidur dan istirahat yang berkualitas demi liburan yang tak terlupakan.

Hindari Tempat yang Terlalu Ramai


Untuk merasakan liburan yang sempurna tanpa perasaan khawatir, kamu perlu menghindari tempat-tempat yang ramai. Kondisi yang ramai biasanya berakhir pada hal-hal yang tidak diinginkan seperti jalanan yang macet parah.
Sebagai solusi, kamu bisa mengunjungi tempat yang tidak banyak dijadikan tujuan wisata orang-orang. Jika harus memilih lokasi yang ramah, maka pastikan kamu sudah tiba di lokasi beberapa hari sebelum puncak liburan tiba.

Nah, itu tadi beberapa informasi terkait cara mengatasi stres saat liburan yang dapat kamu lakukan. Salah satu hal yang kerap dilupakan banyak orang saat berlibur yakni tidak berekspektasi terlalu tinggi. Hal ini sangat berguna jika kamu mengalami sesuatu yang di luar ekspektasi yang dapat berdampak buruk pada kondisi psikologis.

Membandingkan liburan sendiri dengan liburan orang lain pun akan sangat mengganggu di kemudian hari. Pasalnya, apa yang dilihat sering kali tidak sejalan dengan apa yang sebenarnya terjadi di lokasi selama berlibur.
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Cara Memilih Sepeda Lipat Sebelum Membelinya
Cara Memilih Sepeda Lipat Sebelum Membelinya
02 Agustus 2020   Lifestyle
Mau beli sepeda lipat? Perhatikan dulu hal-hal berikut ini!
Baca Selengkapnya
Suka Sarapan Bubur Ayam? Ketahui Manfaatnya Di Sini!
Suka Sarapan Bubur Ayam? Ketahui Manfaatnya Di Sini!
02 Agustus 2020   Kesehatan
Kamu penggemar bubur ayam? Ketahui manfaat sarapan bubur ayam di sini!
Baca Selengkapnya
Fakta atau Mitos: Kerokan Bisa Berakibat Fatal
Fakta atau Mitos: Kerokan Bisa Berakibat Fatal
29 Juli 2020   Kesehatan
Siapa yang suka kerokan? Ketahui dulu manfaat dan bahaya kerokan di sini!
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...