20 Agustus 2019   Kesehatan

Sering Sakit Perut Sebelah Kiri? Ketahui Terlebih Dahulu Arti & Penyebabnya!

2447     25
Sakit perut merupakan gangguan kesehatan paling populer yang dialami oleh banyak orang. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja dan disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari asupan makanan yang tidak sesuai hingga pola hidup yang tidak sesuai.

Salah satu permasalahan sakit perut terjadi di bagian sebelah kiri. Gangguan kesehatan di area ini biasanya akan berkurang dalam waktu satu atau dua hari. Ada beragam penyebab sakit perut sebelah kiri yang mungkin terjadi. Apa saja penyebab tersebut? Berikut beberapa di antaranya yang perlu Anda perhatikan!

Sakit Perut Sebelah Kiri Atas


1. Sakit Mag


Gastritis atau mag merupakan gangguan kesehatan yang sering kali terjadi di organ pencernaan. Gejalanya dimulai dari sakit perut sebelah kiri atas yang menimbulkan rasa perih atau terbakar, mual, hingga muntah. Masalah ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori yang berujung pada terjadinya luka pada selaput lendir lambung.

2. Gangguan Pankreas


Tidak hanya itu, sakit perut sebelah kiri bagian atas juga bisa diartikan sebagai tanda-tanda gangguan pankreas. Pasalnya, organ ini memang berada di kiri atas perut manusia. Gangguan ini sering kali terjadi secara mendadak dan menyebabkan nyeri hingga menjalar ke punggung.

3. Nyeri Dada


Angina atau nyeri dada disebabkan oleh berkurang aliran darah ke otot jantung. Masalah kesehatan yang satu ini juga sering dianggap sebagai gejala awal penyakit jantung koroner. Gejalanya kerap digambarkan seperti dada diremas atau mendapatkan tekanan berat. Ketika gejala ini muncul, jangan ragu untuk segera ke dokter.

Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah


1. Masalah Usus Besar


Irritable Bowel Syndrome (IBS) merupakan masalah pada sistem pencernaan yang menyerang usus besar. Kondisi ini biasanya ditandai dengan perasaan kembung dan kram perut. Masalah pada usus besar ini pun berdampak pada pergerakan usus sehingga menyebabkan sembelit atau diare.

2. Peradangan Saluran Pencernaan


Sakit perut sebelah kiri bawah kerap kali disebut sebagai Ulcerative colitis di mana penyakit ini merupakan peradangan pada dinding saluran pencernaan. Beberapa gejalanya sering dimulai dari sakit perut biasa, diare, feses berlendir, hingga berdarah. Selain itu, orang mengalami gangguan ini akan lebih mudah lelah dan demam.

3. Penyakit Ginjal


Secara umum, penyakit ginjal terbagi dua yakni batu ginjal dan infeksi ginjal. Batu ginjal terjadi karena terdapat kadar kalsium terlalu tinggi di dalamnya.  Keadaanya ditandai dengan sakit perut sebelah kiri bawah, nyeri di pangkal paha, demam, mual, dan muntah.

Sementara infeksi ginjal merupakan peradangan yang dimulai dari kandung kemih dan menjalar ke ginjal. Ketika kondisi ini terjadi, maka seseorang akan merasa ingin buang air kecil terus menerus.

4. Kista Indung Rahim


Terakhir, munculnya sakit perut di bagian kiri bawah perut bagi seorang perempuan dapat diartikan sebagai kista indung rahim. Gangguan ini merupakan pertumbuhan tumor jinak yang di dalamnya terdapat cairan bertumbuh di dalam atau permukaan indung rahim.

Nah, itu tadi beberapa hal terkait sakit perut sebelah kiri yang tidak boleh disepelekan. Meski kondisi ini tampak sepele, Anda tetap wajib memeriksakan diri ke dokter jika terjadi secara berkepanjangan. Langkah tersebut menghindarkan Anda dari berbagai penyakit serius lainnya.
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Tutorial Makeup Natural di Hari Lebaran ala Beauty Vlogger
Tutorial Makeup Natural di Hari Lebaran ala Beauty Vlogger
23 Mei 2020   Lifestyle
Mau tampil cantik saat Lebaran nanti? Coba tutorial makeup ala Beauty Vlogger. Cek di sini!
Baca Selengkapnya
Aneka Kue Lebaran yang Selalu Ada di Meja
Aneka Kue Lebaran yang Selalu Ada di Meja
22 Mei 2020   Lifestyle
Selain menyiapkan ketupat, kamu juga perlu menyiapkan kue-kue kering ini loh di meja. Apa saja itu?
Baca Selengkapnya
Makanan Khas Lebaran yang Paling Ditunggu
Makanan Khas Lebaran yang Paling Ditunggu
22 Mei 2020   Lifestyle
Walaupun Lebaran #DIRUMAHAJA, tapi kita tetap bisa menikmati makanan khas Lebaran dong. Apa saja itu?
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...