31 Desember 2019   Lifestyle

Sering Dianggap Negatif! Ternyata Ini 5 Dampak Positif Game Online, Apa Saja?

376     0
Bagi banyak orang game hanya dianggap sebagai aktivitas yang membuang-buang waktu. Selain buang waktu, game juga sering kali dianggap membawa pengaruh buruk terhadap mereka yang memainkannya, termasuk anak-anak.

Faktanya, perkembangan teknologi dan kecepatan internet ternyata membawa pengaruh besar bagi perubahan game. Keberadaan game online kini memberikan dampak yang semakin hari semakin baik kepada perkembangan kepribadian seseorang.

Dengan demikian, ada beragam dampak positif game online yang ditawarkan. Penasaran dengan manfaat tersebut? Yuk, cek 5 di antaranya berikut ini yang perlu diketahui!

Meningkatkan Fungsi dan Kinerja Otak


Hal pertama yang menjadi pengaruh positif dari permainan game di smartphone atau laptop yakni peningkatan fungsi dan kinerja otak seseorang. Hampir seluruh game yang ada memerlukan konsentrasi tinggi dari para pemainnya. Belum lagi kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan dituntut dalam beragam permainan ini.

Menurunkan Tingkat Stres


Siapa sangka bahwa dengan aktif bermain game, tingkat stres dapat diturunkan? Hal ini disebabkan oleh potensi stres yang bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Pasalnya, tidak sedikit orang tua yang menaruh harapan besar terhadap anaknya sehingga memaksa mereka untuk terus belajar. Hadirnya game online pun menjadi jalan keluar bagi seorang anak untuk bisa mengurangi tingkat stres yang dialaminya.

Mengasah Koordinasi Mata dan Tangan


Ketangkasan seseorang sebenarnya dapat dilatih dan ditingkatkan dengan bermain permainan yang ada di smartphone. Ada berbagai jenis game yang bisa dimainkan sehingga koordinasi antara mata dan tangan yang sering bermasalah pun bisa semakin diasah.

Melatih Kerja Tim, Sportivitas, dan Keadilan


Tidak sedikit game yang ada saat ini memerlukan kerja sama tim dalam bermain. Kamu akan bertemu dengan pemain lainnya di game tersebut dan bermain bersama mereka. Dengan begini, setiap orang diwajibkan untuk dapat bekerja dalam sebuah tim demi meraih kemenangan.

Bukan hanya kerja tim yang dilatih, tapi juga keterampilan sosial untuk berinteraksi dengan orang lain secara teratur pun akan dibudidayakan. Sementara sudah bukan rahasia lagi jika dalam sebuah permainan seseorang akan diajarkan mengenai sportivitas dan keadilan. Hal ini pun berlaku bagi game online sebab para pemain yang ada akan berhadapan dengan lawan-lawan virtual mereka.

Meningkatkan Kemampuan Belajar dan Berbahasa Asing


Terakhir, dampak positif game online ternyata bisa menjadi pemicu untuk meningkatkan kemampuan belajar. Hal ini dikarenakan kompleksitas game yang ada sering kali menuntut seseorang agar bisa berpikir dengan fokus dan jeli terhadap masalah yang muncul.

Baca juga: Tips Berburu Promo Diskon Online yang Wajib Kamu Ketahui

Selain kemampuan belajar, dampak positif dari game online juga bisa melatih kemampuan berbahasa asing. Pasalnya, kebanyakan game yang disukai saat ini masih berasal dari luar negeri dengan penggunaan bahasa Inggris.
Untuk memainkan dan memahami game tersebut diperlukan kecakapan dalam berbahasa Inggris sehingga secara tidak langsung setiap orang pun akan melatih kemampuan berbahasa asingnya tersebut.

Nah, itu tadi beberapa informasi mengenai dampak positif dari bermain game online yang patut dipahami. Yang jelas, sebagai orang tua kamu hanya perlu mengontrol waktu bermain game anak sehingga mereka tidak kebablasan dalam bermain. Semoga informasi ini bermanfaat!
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Selain Bisa Merusak Sendi, Ini 5 Bahaya Asam Urat Lainnya yang Perlu Diketahui!
Selain Bisa Merusak Sendi, Ini 5 Bahaya Asam Urat Lainnya yang Perlu Diketahui!
21 Januari 2020   Kesehatan
Ternyata, bahaya asam urat tidak hanya dapat merusak saraf pada sendi, lho! Simak bahaya lainnya bagi tubuh kamu berikut ini!
Baca Selengkapnya
Punya Hobi Berenang? Ternyata Ini 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan, Lho!
Punya Hobi Berenang? Ternyata Ini 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan, Lho!
21 Januari 2020   Kesehatan
Faktanya, berenang menawarkan manfaat kesehatan yang beragam. Penasaran dengan manfaat berenang bagi tubuh? Yuk, cek 5 manfaatnya berikut ini!
Baca Selengkapnya
Memiliki Riwayat Diabetes? Sebaiknya Kamu Hindari 5 Pantangan Ini
Memiliki Riwayat Diabetes? Sebaiknya Kamu Hindari 5 Pantangan Ini
21 Januari 2020   Kesehatan
Ada beragam makanan dan minuman pantangan diabetes yang perlu diperhatikan. Apa saja pantangan tersebut? Simak 5 di antaranya berikut ini!
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...