20 Agustus 2019   Kesehatan

Sering Diabaikan! Kamu Harus Tahu 5 Penyebab Sakit Pinggang Belakang Berikut Ini!

817     0
Memiliki aktivitas yang beragam membuat tubuh seseorang sering mengalami sakit pinggang belakang. Hal ini sering disepelekan, karena hanya berlangsung selama 3 hingga 7 hari saja. Namun, biasanya rasa sakit tersebut akan kembali datang jika kamu tidak mengetahui penyebabnya.

Jika dibiarkan begitu saja, hal tersebut akan sering menghambat berbagai aktivitas yang kamu lakukan. Biasanya aktivitas kita sehari-hari, tanpa disadari dapat menjadi penyebab sakit pinggang belakang ini. Agar tidak bertambah parah, sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebab sakit pinggang belakang yang sering diabaikan berikut ini.

1. Salah Posisi Tidur

Hal pertama sakit pinggang belakang yang tanpa disadari sering kita abaikan yaitu salah posisi tidur. Carilah posisi yang aman sebelum terlelap agar saat bangun, kamu tidak akan merasa sakit. Namun, jika hal tersebut terlanjur terjadi maka, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan peregangan. Lalu, letakkan bantal tipis pada bagian lutut. Jangan lupa untuk tidur lurus di atas kasur. Selain itu, letakkan juga bantal tersebut pada bagian pinggul untuk mengurangi tekanan tulang belakang. Hal ini bisa diterapkan pada posisi menyamping.

2. Berat Badan yang Berlebihan

Berat badan yang terus bertambah akan membuat tulang bekerja lebih keras untuk menyangga. Hal inilah yang menjadi penyebab terjadinya sakit pinggang belakang. Jika dibiarkan terus seperti itu, rasa sakit tersebut akan terus datang dan sulit dihilangkan karena tekanan yang diberikan akan terus bertambah.

3. Salah Posisi Duduk

Bekerja selama 8 jam setiap harinya dengan posisi duduk akan membuat tubuh merasa tidak nyaman. Sehingga, tubuh akan menjadi kaku dan berusaha mencari posisi yang nyaman. Namun, hal ini sering memicu terjadinya sakit pinggang belakang karena posisi duduk yang hanya nyaman untuk sementara dan akan memberikan dampak tidak baik pada tulang. Oleh karena itu, sebaiknya saat merasa sudah terlalu lama duduk, kamu bisa berdiri sebentar dan melakukan peregangan. Lalu, duduk kembali dengan posisi yang benar, ya.

4. Kondisi Kasur yang Tidak Sesuai

Ada banyak jenis kasur yang dijual oleh produsen. Berbagai bentuk, ukuran, serta tingkat kenyamanannya pun menjadi perhatian utamanya. Seringkali, ada yang menjual kasur terlalu lembek atau keras. Keduanya dapat memberikan dampak kurang baik untuk tulang punggung. Jadi, sebaiknya pilihlah kasur yang tidak terlalu keras atau lembek.

5. Kelainan Bentuk Tulang Punggung

Setiap orang memiliki bentuk tulang punggung yang berbeda-beda. Jika kamu masih merasakan sakit setelah memperbaiki kesalahan yang sudah disebutkan, bisa jadi penyebab sakit pinggang belakang disebabkan karena kelainan tulang punggung. Kifosis, lordosis, atau skoliosis jika tidak dilakukan terapi akan membuat kondisi sakit pinggang belakang semakin parah. Jadi, sebaiknya lakukan terapi yang sesuai dengan anjuran dokter tulang ya.

Itulah 5 penyebab sakit pinggang belakang yang sering diabaikan. Tentu saja hal tersebut tidak dapat dibiarkan begitu saja. Saat hal ini terus terjadi berulang-ulang secara berkala, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter spesialis tulang untuk mendapatkan penanganan yang serius.

Hal ini bertujuan untuk menghindari cidera yang lebih parah. Selain itu, kamu juga harus mulai mengatasi berbagai penyebabnya seperti membetulkan posisi duduk, mengganti kasur yang sesuai untuk tulang punggung, serta menurunkan berat badan yang berlebih. Jadilah sehat dan mulai perhatikan asupan nutrisi dan kalsium agar tulang tetap sehat serta kuat.
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Trik Belanja Saat Harbolnas Agar Barang Incaranmu Bisa Kebeli
Trik Belanja Saat Harbolnas Agar Barang Incaranmu Bisa Kebeli
16 Oktober 2019   Kesehatan
Harbolnas akan segera tiba. Agar tidak kehabisan, Anda bisa mengikuti trik berikut ini agar dapat membeli barang impianmu.
Baca Selengkapnya
Mom! Waspadai 5 Penyakit Musim Hujan yang Sering Menyerang Anak Berikut Ini
Mom! Waspadai 5 Penyakit Musim Hujan yang Sering Menyerang Anak Berikut Ini
16 Oktober 2019   Kesehatan
Musim hujan rentan menimbulkan masalah kesehatan. Berikut ini penyakit musim hujan yang sering menyerang anak yang perlu diwaspadai.
Baca Selengkapnya
Kenali Tanda dan Gejala ISPA Agar Tidak Semakin Parah
Kenali Tanda dan Gejala ISPA Agar Tidak Semakin Parah
16 Oktober 2019   Kesehatan
Hati-hati dengan penyakit ISPA yang mudah menular. Yuk, ketahui tanda dan gejala ISPA agar kamu lebih berhati-hat seperti berikut ini.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...