11 Juni 2018   Lifestyle

Selain Indonesia, Ini Dia 5 Kue Unik Saat Lebaran dari Berbagai Negara yang Bisa Kamu Intip

1696     1
Salah satu hal yang identik di saat Lebaran adalah adanya berbagai macam jenis kue seperti nastar, putri salju, kastengel, sagu, lidah kucing dan sebagainya. Itu adalah ciri khas kue yang ada di Indonesia. Bagaimana dengan negara lain?  Menarik untuk mengetahui apa saja kue unik khas berbagai negara untuk lebaran yang biasanya disajikan. Ini dia jawabannya.
 

Maamoul - Yordania

Kue unik khas berbagai negara untuk Lebaran yang pertama adalah Maamoul dari Yordania.  Maamoul biasanya sering disajikan saat momen Lebaran dan oleh-oleh ketika melakukan perjalanan haji maupun umroh. Maamoul terbuat dari tepung semolina, yakni jenis tepung yang biasa digunakan dalam pembuatan pizza dan pasta. Makanan yang satu ini pun juga berisi campuran kacang-kacangan (walnut, pistachio) ditambah dengan orange blossom water maupun isian pasta kurma.
 

Kahk – Mesir

Sama seperti di Indonesia, di Mesir Lebaran juga dirayakan secara besar dan meriah. Ketika Lebaran, di sana juga ada makanan khas salah satunya, yakni kue kahk yang terbuat dari tepung terigu, susu, ragi, gula pasir, kayu manis dan kacang dengan taburan gula di atasnya. Sementara untuk isiannya, yakni madu, namun terkadang ada juga isinya berupa kacang-kacangan seperi kenari dan pistachio.
 

Baklava dan Kurabiye/Qurabiya, Turki

Kue unik khas berbagai negara untuk lebaran juga datang dari Turki. Kuliner khas Turki saat hari raya, salah satunya adalah Baklava. Makanan yang satu ini adalah makanan pencuci mulut yang terbuat dari Phyllo pastry yang diisi dengan campuran kacang seperti pistasio, kenari, kacang tanah ataupun mede. Baklava sendiri sudah ada sejak kerajaan Ottoman. Sementara Kurabiye/Qurabiya  adalah salah satu kue kering dari Turki yang kini telah menyebar ke berbagai negara seperti Iran, Yunani, Bulgaria dengan ragam bentuk dan rasa. Kurabiye/Qurabiya terbuat dari bahan dasar kue terigu, telur dan mentega.
 

Zimtsterne - Swiss

Kue unik khas berbagai negara untuk lebaran juga ada dari Eropa, tepatnya dari Swiss. Zimtsterne atau The Cinnamon Star namanya. Kue ini biasa disajikan saat perayaan Natal di Swiss. Nama Zimsterne diambil dari bahasa Jerman, yakni zimt yang berarti kayu manis dan sterne yang berarti bintang. Zimtsterne  sendiri berbentuk seperti bintang dengan adonan dasar dari campuran bubuk kayu manis. Kue ini makin nikmat karena ada bubuk gula di bagian atasnya.
 

Vanillekipferl - Austria

Vanillekipferl menjadi kue asli dari Wina, Austria yang sekilas mirip dengan kue putri salju yang berbentuk seperti bulan sabit dan ada taburan gula vanilla. Vanillekipferl terbuat dari kacang walnut dan ada yang membuatnya dari kacang almond yang dihaluskan ditambah dengan terigu, telur, gula dan mentega. Vanillekipferl bukan hanya terkenal di Austria saja tapi juga digemari di negara Eropa seperti Hungaria, Jerman, dan Polandia.

Itu dia macam-macam kue unik khas berbagai negara untuk lebaran. Semoga bisa menambah wawasan kamu ya. Mungkin juga, bila ada dari kamu yang ingin mengunjungi salah satu negara di atas jangan sampai lupa untuk mencicipi kue-kue di atas ya. Selamat Lebaran!

Inspirasi Terkait
Kamu Penderita Diabetes? Ketahui Dulu Aturan Berpuasa Berikut Ini
Kamu Penderita Diabetes? Ketahui Dulu Aturan Berpuasa Berikut Ini
08 Mei 2019   Kesehatan
Para penderita diabetes wajib melakukan konsultasi ke dokter sebelum mulai berpuasa. Apa saja aturan berpuasa untuk penderita diabetes?
Baca Selengkapnya
Cara Mengobati Kanker Serviks Secara Alami yang Bisa Ditiru
Cara Mengobati Kanker Serviks Secara Alami yang Bisa Ditiru
08 Mei 2019   Kesehatan
Bagaimana cara mengobati kanker serviks? Berikut beberapa cara yang bisa ditempuh!
Baca Selengkapnya
Camilan Buka Puasa yang Unik dan Tak Biasa Ini Harus Kamu Cicipi!
Camilan Buka Puasa yang Unik dan Tak Biasa Ini Harus Kamu Cicipi!
08 Mei 2019   Lifestyle
Berikut ini ada berbagai camilan buka puasa yang harus kamu cicipi. Selain sehat, camilan ini mempunyai bentuk dan cita rasa yang unik. Apa saja?
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...