31 Mei 2019   Lifestyle

Sebelum Berangkat Mudik, Wajib Tahu Jalur Mudik Ini Agar Terhindar Dari Macet

48     0
Lebaran sebentar lagi akan tiba. Sebagian masyarakat Indonesia ada yang berencana menghabiskan waktu libur lebaran nya dengan balik ke kampung halamannya. Pemerintah sendiri sudah menetapkan cuti bersama libur lebaran 3-7 Juni 2019. Bahkan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah mulai libur sejak 30 Mei 2019.

Bagi kamu yang berencana untuk melakukan mudik, khususnya di daerah Jawa, berikut jalur mudik alternatif agar terhindar dari macet.

Jalur Alternatif Mengarah ke Garut

Jika kampung halaman kamu di Garut, biasanya kamu akan melewati jalur Nagreg dan kemacetan tidak bisa dihindari. Jika tidak ingin merasakan macet di Nagreg, jalur mudik yang bisa menjadi alternatif adalah Cijapati. Untuk melalui jalur mudik Cijapati, setelah masuk tol Cipularang, keluar di tol buah batu kemudian menuju Bojongsoang-Laswi-Majalaya-Cijapati lalu menuju Kadungora, Garut.

Jalur Alternatif Melalui Pantura

Pantura menjadi salah satu rute yang sering dilalui oleh para pemudik ke daerah Jawa dan menjadi salah satu jalur yang sering mengalami kemacetan yang cukup padat. Nah, alternatif untuk menjauhi kemacetan di daerah Pantura, kamu bisa melewati jalur alternatif yang arahnya menuju Desa Krasak, Jatibarang, dan Indramayu. Ketika sudah tiba di daerah Karawang, bergeraklah menuju jalan Syekh Quro, Buahaseum, lalu jalan akan menuju Blanakan dan akan tembus di pasar Sukamandi, Pantura.

Jalur Alternatif Mengarah ke Yogyakarta

Jalur mudik untuk menuju Yogyakarta, biasanya jalur Pantura akan banyak dipilih oleh pemudik. Namun, untuk mempercepat perjalanan, pemudik bisa melewati jalur alternatif tengah yang dilalui melalui rute tol Jakarta – Cikampek – Cipali - Pejagan, Pejagan - Prupuk, Prupuk - Bumiayu, Bumiayu - Purwokerto, Purwokerto - Wonosobo, Wonosobo - Magelang, dan Magelang-Yogyakarta.

Jalur Alternatif Selatan

Jika memilih jalur alternatif selatan, bukan hanya Nagreg yang termasuk jalur padat, tapi Malangbong juga demikian. Agar tidak melewati Malangbong, kamu bisa melewati jalan alternatif Kadungora. Jalurnya tidak sulit, kamu hanya tinggal Ikuti jalan hingga Leles kemudian belok kiri dan melewati jalur Sarkanjut. Kemudian masuk jalur Banyuresmi yang dilanjut ke Jalan Sudirman Sukadana-Ciawi.

Jalur Alternatif Mengarah ke Jawa Tengah

Untuk menuju Jawa Tengah, misalnya mengunjungi Banjarnegara dan Semarang, tol baru Brebes-Batang bisa jadi jalur mudik alternatif karena jalurnya tidak melewati jalan yang biasa.  Untuk melaluinya, kamu harus jalan menuju Jakarta melewati tol Cipali lanjut ke tol Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Brebes dan masuk Tol Brebes-Batang.

Jalur Alternatif Mengarah ke Surabaya

Kampung halaman kamu ada di Surabaya? Untuk mencapainya kamu bisa melalui jalur tol baru yaitu tol Mojokerto-Surabaya. Tol ini bisa diakses melalui tol Jakarta-Cikampek, tol Cikopo-Palimanan, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Tol Pejagan-Brebes, tol Brebes-Semarang kemudian melanjutkan lewat tol Mojokerto-Surabaya.

Itu tadi jalur mudik alternatif di daerah Jawa yang bisa digunakan. Semoga membantu kamu ya untuk menghindari kemacetan saat melakukan perjalanan mudik di sana. Jangan sampai lupa untuk perhatikan kondisi fisik dan kendaraan kamu ketika di perjalanan mudik. Patikan kondisi badan kamu dan seluruh anggota keluarga fit. Istirahatlah sejenak jika di tengah perjalanan mengalami lelah.

Inspirasi Terkait
Waspadai Penyebab Asam Urat di Usia Muda! Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghindarinya
Waspadai Penyebab Asam Urat di Usia Muda! Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghindarinya
24 Juni 2019   Kesehatan
Salah satu masalah persendian yang sering terjadi tanpa mengenal usia yakni penyakit asam urat. Dalam keadaan normal, asam urat dapat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Namun, dalam kondisi tertentu asam urat bisa muncul dalam jumlah yang berlebih sehingga terjadi penumpukan dalam tubuh.
Baca Selengkapnya
Ketahui Penyebab Infeksi Saluran Kemih dan Cara Pengobatannya
Ketahui Penyebab Infeksi Saluran Kemih dan Cara Pengobatannya
24 Juni 2019   Kesehatan
Infeksi bisa terjadi di mana saja, termasuk pada area kantung kemih. Hal ini tentunya cukup rentan terjadi pada sebagian orang, karena pada area tersebut memiliki tingkat kelembapan paling sensitif. Sehingga, bakteri dan virus akan lebih cepat berkembang. Perlu diketahui juga, bahwa infeksi saluran
Baca Selengkapnya
Ketahui Penyebab Anemia dan Cara Mengobatinya Berikut Ini!
Ketahui Penyebab Anemia dan Cara Mengobatinya Berikut Ini!
24 Juni 2019   Kesehatan
Anemia merupakan suatu kondisi ketika tubuh manusia kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin. Hal ini memiliki manfaat untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Hal ini dapat terjadi dalam jangka waktu panjang maupun pendek, serta tak boleh disepelekan, lho.
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...