31 Mei 2019   Lifestyle

Sebelum Berangkat Mudik, Ketahui Dahulu Tarif Tol Trans Jawa

205     0
Lebaran tinggal menghitung hari, sudah ada beberapa orang yang akan berangkat mudik lebih cepat untuk menghindari kemacetan. Tradisi saat lebaran ini memang tidak pernah ditinggalkan oleh penduduk Indonesia, khususnya untuk kamu yang berada jauh dari rumah dan keluarga. Momen setahun sekali ini memang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Jalur darat dengan menggunakan kendaraan pribadi merupakan salah satu alternatif yang cukup banyak diminati oleh sebagian besar pemudik setiap tahunnya. Pemerintah telah menyediakan alternatif jalur untuk kamu yang akan mudik keluar pulau Jawa dengan menggunakan Tol Trans Jawa, yang menghubungkan dua kota besar yaitu Jakarta dan Surabaya. Agar perjalanan dapat ditempuh dengan baik, sebelumnya kamu juga harus mengetahui terlebih dahulu tarif tol trans Jawa berikut ini. Yuk, simak ulasannya!

Tarif Tol Trans Jawa 2019

Saat ini telah tersedia 3 jalur yang aktif dibuka untuk menyambut musim mudik pada lebaran tahun 2019. Hal ini dilakukan, dengan harapan dapat memperlancar perjalanan kamu menuju kampung halaman serta mampu mengatasi kemacetan. Tarif tol trans Jawa ini diberikan jauh lebih murah daripada jalur transportasi lainnya seperti berikut ini.
 
  • Rute Merak – Probolinggo
Untuk kamu yang akan menempuh rute Merak-Probolinggo tersedia beberapa gerbang tol yang akan dikenakan tarif tol trans Jawa seperti berikut:

Gerbang tol Merak – Probolinggo Rp775.500
Gerbang tol Merak – Cirebon (via GT Kanci) Rp192.000,
Gerbang tol Merak – Cirebon (via GT Palimanan) Rp180.000,
Gerbang tol Merak – Semarang Rp397.500
Gerbang tol Merak – Solo Rp475.500
Gerbang tol Merak – Surabaya Rp723.500
Gerbang tol Merak – Pasuruan Rp775.500
 
  • Rute Probolinggo – Merak
Gerbang tol rute Probolinggo- Merak yang akan dilalui tidak terlalu panjang. Hanya memiliki 4 gerbang dengan tarifs tol trans Jawa berikut ini.
Gerbang tol Probolinggo – Merak Rp775.500
Gerbang tol Probolinggo – Surabaya Rp52.000
Gerbang tol Probolinggo – Solo Rp301.000
Gerbang tol Probolinggo – Semarang Rp383.000
 
  • Rute Jakarta – Probolinggo
Jakarta- Probolinggo menjadi rute terpanjang yang disediakan oleh pemerintah. Sehingga tarif tol trans Jawa ini menjadi beragam, mulai dari paling murah hingga mahal seperti berikut.

Gerbang tol Jakarta – Probolinggo Rp727.500
Gerbang tol Jakarta – Cirebon (via GT Kanci) Rp144.000
Gerbang tol Jakarta – Cirebon (via GT Palimanan) Rp132.000
Gerbang tol Jakarta – Semarang Rp349.500
Gerbang tol Jakarta – Solo Rp426.500
Gerbang tol Jakarta – Surabaya Rp675.500
Gerbang tol Jakarta – Pasuruan Rp727.500
Gerbang tol Jakarta – Merak (via JORR) Rp63.000


Siapkan Uang Elektronik

Kini, tol yang telah disediakan oleh pemerintah pun semua telah menggunakan mesin e Toll Pass GTO, sehingga mampu mempermudah para masyarakat yang hendak mudik menggunakan jalur cepat. Cukup dengan menggunakan uang elektronik, kamu pun tak perlu lagi harus menunggu lama dan menghitung uang kembalian yang didapat. Sangat praktis sekali, bukan? Namun, jangan lupa juga untuk mengisi terlebih dahulu uang elektrik kamu menggunakan kartu yang kamu miliki, dan juga sediakan uang tunai selama perjalanan, ya.

Tentunya dengan mengetahui daftar tarif tol trans Jawa ini, dapat mempermudah proses persiapan mudik. Jangan lupa menyiapkan nominal lebih dalam uang elektronik, misalnya kamu hanya memerlukan uang sebesar Rp675.500 maka, sebaiknya isilah Rp700.000 hingga Rp800.000 sebagai uang cadangan. Walaupun tidak dapat diuangkan kembali dalam bentuk fisik namun, kamu masih bisa menggunakannya sebagai alat pembayaran lainnya.

Itulah tarif tol trans Jawa yang perlu diketahui sebelum mudik. Jangan lupa untuk mulai menghitung dan mengisi uang elektronik yang akan digunakan ya. Berhati-hatilah dalam perjalanan mudik agar dan jangan lupa istirahat saat merasa lelah. Berkumpul bersama di momen lebaran ini akan semakin berharga saat kamu tetap sehat menyambut hari kemenangan.

Inspirasi Terkait
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
16 September 2019   Lifestyle
Hari pelanggan nasional dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 4 September. Penasaran dengan sejarah dan proses penetapan tanggal 4 September sebagai hari pelanggan nasional? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!
Baca Selengkapnya
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
16 September 2019   Lifestyle
Jika kamu memiliki kebiasaan boros, perlu terapkan cara menghemat pengeluaran berikut ini agar bisa memanfaatkan uang dengan sebaik mungkin.
Baca Selengkapnya
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
16 September 2019   Kesehatan
Saat ingin melakukan cek kehamilan di bidan perlu menyiapkan beberapa hal. Berikut 5 hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...