05 Januari 2018   Lifestyle

Rekomendasi Lokasi Rafting yang Bisa Uji Adrenalin Kamu

1135     0
Kamu punya semangat petualang dan haus akan adrenalin setiap saat? Wah, pasti kamu akan senang sekali dengan olah raga arung jeram atau rafting. Di Indonesia yang beriklim tropis ini, olah raga arung jeram sangat subur karena banyak sungai yang bisa dijadikan spot olah raga air arus deras ini.
 
Nah, kami akan memberikan kamu beberapa rekomendasi lokasi rafting di Indonesia yang memiliki tingkat kesulitan tinggi untuk olah raga arung jeram.
 
 
  1. Sungai Cikandang, Garut, Jawa Barat
Masih sangat sedikit yang mengetahui bahwa Garut juga punya tempat rafting yang menegangkan. Sungai Cikandang yang berhulu di kaki Gunung Papandayan dan bermuara di Cijayana ini panjangnya sejauh 28 KM dan kamu akan membutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk mengarungi sungai ini. Tingkat kesulitan rafting di sungai ini sudah memasuki level ke 3 dan 4 karena tingkat kemiringan sungainya yang bisa dibilang lumayan ekstrim. Buat kamu yang masih baru ingin mencoba rafting, sebaiknya persiapkan fisik dan mental kamu terlebih dahulu sebelum mengarungi sungai ini.
 
Untuk menuju lokasi, kamu harus mengunjungi Desa Sukamulya di Kecamatan Pakenjeng terlebih dahulu  dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kamu juga bisa menggunakan jasa tour atau pemandu di sekitar daerah ini. Harga paket yang ditawarkan sekitar Rp670.000 / orang.
 
2.   Sungai Pekalen, Probolinggo, Jawa Timur
Rekomendasi lokasi rafting kedua yang bisa kamu kunjungi adalah sungai deras. Tempat yang satu ini jaraknya kurang lebih 125 KM atau sekitar 2 jam perjalanan dari Surabaya. Lokasinya berada di Desa Ranu Gedang, kecamatan Tiris.  Sungai Pakelan sendiri dibagi menjadi dua jalur yang terdiri dari pakelan atas dan pakelan bawah.
 
Buat kamu yang sudah lebih berpengalaman dan menyukai arus yang lebih deras serta ekstrim, lebih direkomendasikan untuk bertualang di jalur pakelan atas. Sedangkan pakelan bawah, dengan arus yang lebih stabil lebih direkomendasikan untuk pemula.  Waktu yang dibutuhkan dari jalur start menuju finish kira-kira 1,5 jam.
 
Ada dua penyedia jasa rafting lokal yang terkenal di daerah ini,  yaitu Rafting Songa dan Noars Rafting. Keduanya menawarkan harga yang terjangkau, Noars Rafting menawarkan harga mulai dari Rp225.000 sedangkan untuk Songa dimulai dari Rp259.000.
 
3.    Sungai Nimanga – Timbukar, Kecamatan Sonder, Sulawesi Utara
Sungai ini berada di desa Timbukar, kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Perjalanan untuk sampai ke desa ini membutuhkan sekitar 30 menit dari kota Manado.
 
Kamu membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk mengarungi sungai ini dengan perjalanan sepanjang 12 KM. Sungai ini memiliki tingkat kesulitan dengan grade 3 sehingga cocok buat kamu yang menyukai sesuatu yang sedikit menantang. Harga paket yang ditawarkan juga berbeda-beda dari berbagai penyedia jasa lokal. Namun biasanya kamu bisa mendapatkan harga sekitar Rp150.000 jika jumlah anggota mencapai 30 orang.
 
4.    Sungai Telaga Waja, Bali
Berlokasi di kabupaten Karangasem, bagian timur Bali dan waktu yang dibutuhkan menuju ke sini dari Denpasar adalah sekitar 2 jam. Telaga Waja adalah salah satu tempat rafting yang paling terkenal karena memiliki jalur rafting terpanjang di Bali, yaitu sekitar 16 KM dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 5 jam.
 
Salah satu keunggulan sungai ini adalah airnya yang sangat jernih serta pemandangan sekitar yang sangat hijau. Untuk tingkat kesulitan, arus air yang sangat deras ini sudah cukup untuk menantang kamu yang mempunyai jiwa petualang.
 
Untuk harga bisa sangat bervariasi tergantung dari tour yang kamu pilih, tapi biasanya dimulai dari harga Rp270.000. Kamu harus lebih cermat dalam memilih tour mengingat banyaknya penyedia tour yang ada di Bali.
 
Nah, semoga kalian merasa tertantang untuk langsung mengunjungi keempat lokasi tersebut dan langsung mengarunginya. Jangan lupa ya, sebisa mungkin perhatikan persiapan kamu untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan. Asuransikan dirimu dengan AXA Hospital Plus Life agar kemana pun kamu pergi dan apa pun yang kamu lakukan, kamu akan tetap selalu merasa aman.

 

Inspirasi Terkait
Fans Sejati Guns N’ Roses Perlu Tahu Sejarah Menarik Band Legendaris Ini
Fans Sejati Guns N’ Roses Perlu Tahu Sejarah Menarik Band Legendaris Ini
13 Nopember 2018   Kesehatan
Nama Guns N Roses sendiri berasal dari gabungan nama terakhir personel Guns N’ Roses sendiri, yaitu AXL Rose sang Vokalis dan Tracii Guns sang Lead Guitars. AXL dan Tracii merupakan anggota dari dua band yang berbeda. Sebelum mendirikan Guns N’ Roses atau GNR, AXL merupakan seorang vokalis dari Band
Baca Selengkapnya
Wajib Nonton! 5 Film Drama Keluarga Terbaik
Wajib Nonton! 5 Film Drama Keluarga Terbaik
15 Oktober 2018   Lifestyle
Bingung ingin melakukan apa untuk menghabiskan masa liburan bersama keluarga? Tidak ada salahnya untuk mengajak anggota keluarga lainnya untuk menonton film. Nah, apa saja sih film drama keluarga terbaik yang wajib kamu tonton? Yuk, cek 5 daftarnya berikut ini:
Baca Selengkapnya
Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Perlu Diketahui
Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Perlu Diketahui
15 Oktober 2018   Kesehatan
Pada tanggal 9 September kemarin, masyarakat Indonesia baru saja selesai merayakan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Puncak perayaan Haornas kali ini dilaksanakan di Gelora Kie Raha, Ternate, Maluku Utara. Hal ini diumumkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...