16 September 2019   Kesehatan

Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini

11798     2
Tentu saja, tak jarang dari perempuan yang bingung untuk memutuskan suatu pilihan saat hamil pertama. Mulai dari memilih untuk mengecek kehamilan di dokter kandungan atau pergi ke bidan. Perlu dipahami baik dokter kandungan atau bidan, keduanya merupakan tenaga medis yang sama-sama memiliki kemampuan dalam hal kehamilan.

Bila kehamilan berjalan normal, kamu bisa memilih memeriksakannya ke bidan. Meski berbeda dengan dokter kandungan, tetapi bidan juga memiliki kemampuan untuk memberikan nasihat dan dukungan dibeberapa kondisi seperti saat masa-masa kehamilan, masa persalinan dan masa nifas, membantu proses persalinan normal, melakukan pemeriksaan pada ibu dan bayi, dan memberikan asuhan kepada bayi baru lahir maupun bayi di usia selanjutnya.

Salah satu keuntungan cek kehamilan di bidan adalah ditangani sesama perempuan sehingga ibu hamil bisa merasa lebih nyaman. Biaya konsultasi juga lebih terjangkau dibandingkan dokter kandungan. Ada beberapa tujuan dari cek kehamilan di bidan yang bisa kamu rasakan.
  1. Membantu mempersiapkan ibu hamil baik fisik atau mental
  2. Mempertahankan kesehatan ibu dan janin dalam kandungan
  3. Mengobati penyakit yang diderita ibu selama kehamilan sedini mungkin
 
Bukan hanya itu saja, saat cek kehamilan di bidan ada 5 hal yang sebaiknya diperhatikan oleh ibu hamil. Untuk lebih lengkapnya berikut ini informasinya.

Pilih Bidan yang Memiliki Sertifikasi


Saat cek kehamilan di bidan untuk pertama kali kamu harus tahu apakah bidan tersebut sudah memiliki sertifikasi Bidan Delima atau belum dan apa akreditasinya. Dua hal tersebut sangat penting untuk memastikan kemampuan bidan sudah sesuai dengan profesionalitas dan standar yang seharusnya.

Perlu dipahami jika yang dimaksud dari sertifikasi Bidan Delima adalah sistem standarisasi kualitas dari pelayanan bidan swasta yang lebih fokus pada kegiatan evaluasi dan pengawasan. Para bidan juga selalu diberikan pembinaan dan pelatihan rutin yang berkesinambungan.

Cari Tahu Cara Kerja Bidan


Sebelum cek kehamilan di bidan kamu perlu tahu cara kerja bidan dengan bertanya lebih dalam kepada mereka saat berkunjung ke sana. Melakukan konsultasi dengan bidan selama masa kehamilan biasanya waktunya tidak terlalu dibatasi sehingga kamu bisa mengajukan lebih banyak pertanyaan seputar kehamilan dan nutrisi.

Gunakan Pakaian yang Sesuai


Saat melakukan cek kehamilan di bidan, perhatikan juga pakaian yang sesuai. Baiknya gunakan pakaian yang praktis dan nyaman, seperti terusan atau rok yang longgar agar memudahkan pemeriksaan.

Buatlah Daftar Pertanyaan


Kamu perlu menyiapkan pertanyaan-pertanyaan soal janin maupun keehatan kamu sendiri saat hendak cek kehamilan di bidan.  Coba tanyakan misalnya berapa usia kehamilan, bagaimana perkembangan janin, apa saja gejala yang kamu rasakan atau gejala yang biasa dirasakan oleh ibu hamil, tanda-tanda apa yang harus diwaspadai, dan sebagainya.

Pastikan Ibu dan Janin Sehat


Perlu dipahami, tidak semua kondisi kehamilan bisa diperiksa pada bidan. Kamu bisa cek kehamilan di bidan bila kondisi ibu dan janin sehat. Sementara bila kehamilan yang kamu alami memerlukan penanganan khusus seperti memiliki riwayat persalinan dengan komplikasi atau memiliki kondisi penyakit kronis seperti epilepsi, kelainan darah, dan tekanan darah tinggi maupun jantung tanyakan pada dokter kandungan saja.

Baca juga: 5 Keuntungan Melakukan Periksa Kehamilan ke Bidan

Demikian 5 hal yang perlu diperhatikan bagi kamu yang baru pertama kali ingin melakukan cek kehamilan di bidan.
Semoga bisa bantu kamu untuk bisa lebih mempersiapkan diri sebelum berkonsultasi ke bidan ya.
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Tutorial Makeup Natural di Hari Lebaran ala Beauty Vlogger
Tutorial Makeup Natural di Hari Lebaran ala Beauty Vlogger
23 Mei 2020   Lifestyle
Mau tampil cantik saat Lebaran nanti? Coba tutorial makeup ala Beauty Vlogger. Cek di sini!
Baca Selengkapnya
Aneka Kue Lebaran yang Selalu Ada di Meja
Aneka Kue Lebaran yang Selalu Ada di Meja
22 Mei 2020   Lifestyle
Selain menyiapkan ketupat, kamu juga perlu menyiapkan kue-kue kering ini loh di meja. Apa saja itu?
Baca Selengkapnya
Makanan Khas Lebaran yang Paling Ditunggu
Makanan Khas Lebaran yang Paling Ditunggu
22 Mei 2020   Lifestyle
Walaupun Lebaran #DIRUMAHAJA, tapi kita tetap bisa menikmati makanan khas Lebaran dong. Apa saja itu?
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...