21 September 2018   Lifestyle

Patung GWK Akan Menjadi Tertinggi di Indonesia Lho, Kenapa Bisa?

569     1
Kabar gembira bagi dunia pariwisata dan seni di Indonesia karena patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) telah berdiri. Jika selama ini patung hanya diperuntukkan sebagai karya seni, kali ini akan menjadi ikon yang merupakan daya tarik  pariwisata.

GWK sendiri terletak di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana di Tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali. Jaraknya berada kurang lebih 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota provinsi Bali. Keberadaan patung ini merupakan gagasan dari I Nyoman Nuarta seorang seniman Bali bersama Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi Indonesia Joop Ave di masa pemerintahan Soeharto.

Untuk peletakan batu pertamanya sendiri dilaksanakan di kawasan taman kebudayaan di Bukit Ungasan Jimbaran pada tahun 1997.
 

Patung GWK, Patung Tertinggi di Indonesia dan Dunia

Patung GWK, selain tertinggi di Indonesia juga termasuk patung tertinggi ketiga di dunia mengalahkan Patung Liberty di Amerika Serikat. Jika tinggi Patung Liberty mencapai 93 meter, maka patung GWK mempunyai tinggi 121 meter.

Daerahnya berada di luas 250 hektar dengan bangunan raksasa yang menjulang ke langit. Keadaan ini membuat GWK dapat terlihat dengan jarak pandang hingga 20 km sehingga dapat terlihat dari Pantai Kuta, Sanur, Nusa Dua, bahkan Tanah Lot.

Sementara area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana terletak di ketinggian 263 meter di atas permukaan laut. Ada berbagai area yang bisa dijadikan tempat rekreasi yakni di antaranya Wisnu Plaza, Lotus Pond, Street Theater, Indraloka Garden, Amphitheatre, serta Tirta Agung.


Fakta Menarik Patung GWK

Dengan gelarnya sebagai patung tertinggi di Indonesia dan di dunia, ternyata patung GWK masih memiliki beberapa fakta menarik yang belum banyak diketahui orang. Apa saja? Yuk, simak beberapa di antaranya di bawah ini:


1. Ada Fenomena Mistis Saat Pembangunan

Meskipun peletakan batu pertamanya dimulai pada 1997, patung baru selesai pada Agustus 2018. Dalam proses pembangunannya, patung ini seringkali memunculkan masalah yang dikaitkan dengan hal-hal mistis. Sebagai contoh, letak patung yang tidak sesuai dengan konsep ajaran Hindu.
 

2.  Patung GWK Terinspirasi dari Mitologi Hindu

Sejarah patung GWK konon berasal dari sosok mitologi yang disucikan oleh umat Hindu. Garuda Wisnu Kencana ini ditampilkan sebagai Dewa Wisnu yang ada duduk di atas seekor burung Garuda. Makhluk yang berada di atas tersebut merupakan sosok burung setengah manusia yang menunggangi Kencana.
 

3.  Proyek Ambisius Terbesar

Perancangan patung GWK dimaksudkan untuk memperkuat fasilitas pendukung spot-spot wisata yang ada di sekitarnya, salah satunya Lotus Pond di mana daerah ini merupakan ruang alami yang dikelilingi oleh pilar-pilar batu cadas. Lotus Pond mampu menampung pengunjung hingga 7.500 orang yang digunakan sebagai tempat pertunjukan musik kolosal atau upacara tradisional.

Besarnya konsep patung GWK yang berada di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana menandakan destinasi wisata ini sebagai proyek ambisius terbesar pemerintah Indonesia.

Nah, itu tadi beberapa informasi terkait Patung GWK yang merupakan patung tertinggi di Indonesia. Jika selama ini kamu ke Bali hanya mengunjungi tempat-tempat wisata mainstream, tidak ada salahnya bila berkunjung ke Garuda Wisnu Kencana.

Sekarang kamu pun tidak perlu lagi jauh-jauh ke Amerika hanya untuk sekedar berfoto dengan latar belakang Patung Liberty sebab sudah ada patung GWK yang merupakan patung tertinggi ketiga di dunia.

Inspirasi Terkait
Wajib Nonton! 5 Film Drama Keluarga Terbaik
Wajib Nonton! 5 Film Drama Keluarga Terbaik
15 Oktober 2018   Lifestyle
Bingung ingin melakukan apa untuk menghabiskan masa liburan bersama keluarga? Tidak ada salahnya untuk mengajak anggota keluarga lainnya untuk menonton film. Nah, apa saja sih film drama keluarga terbaik yang wajib kamu tonton? Yuk, cek 5 daftarnya berikut ini:
Baca Selengkapnya
Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Perlu Diketahui
Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Perlu Diketahui
15 Oktober 2018   Kesehatan
Pada tanggal 9 September kemarin, masyarakat Indonesia baru saja selesai merayakan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Puncak perayaan Haornas kali ini dilaksanakan di Gelora Kie Raha, Ternate, Maluku Utara. Hal ini diumumkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.
Baca Selengkapnya
Mau Solo Travelling? Ini 10 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi
Mau Solo Travelling? Ini 10 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi
15 Oktober 2018   Lifestyle
Jalan-jalan sendirian memang sering dianggap berbahaya bagi setiap orang. Faktanya, perkembangan kondisi pariwisata di segala aspek ke arah positif memungkinkan semua orang termasuk pria atau wanita dapat travelling seorang diri.
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...