21 September 2018   Kesehatan

Pahami Penyebab Detak Jantung Cepat dan Cara Mengatasinya

3793     0
Pernah merasakan jantung berdetak cepat secara tiba-tiba? Kamu patut waspada sebab bisa jadi kondisi tersebut merupakan gejala awal serangan jantung. Berubahnya irama jantung ini jelas saja membuat orang merasa tidak nyaman, cemas, dan khawatir.

Detak jantung cepat ini biasa disebut sebagai takikardia di mana terjadi gangguan impuls listrik yang memegang kendali terhadap jumlah rata-rata detak jantung. Salah satu penanda seseorang mengalami takikardia adalah apabila detak jantungnya telah melebihi 100 kali per menitnya.

Ada tiga jenis takikardia, yakni supraventrikular yang terjadi di ruang atas organ jantung, ventrikuler yang terjadi di bilik jantung, serta sinus takikardia di mana alat pacu jantung alami tubuh bekerja lebih cepat dari biasanya.

Saat jantung berdenyut cepat, maka otot-otot jantung pun membutuhkan lebih banyak oksigen dari biasanya. Proses pemompaan darah ke seluruh tubuhmu akan bermasalah. Jika hal ini terus berlanjut, maka akan berakhir pada serangan jantung dan tak jarang menghilangkan nyawa seseorang.
 

Mengenali Penyebab Detak Jantung Cepat

Secara umum, takikardia disebabkan oleh terjadinya gangguan sinyal listrik yang mengontrol kerja pompa jantung. Selain itu, ada lagi penyebab detak jantung cepat. Apa saja? Simak daftarnya di bawah ini:
  • Tidak seimbangnya cairan elektrolit di dalam tubuh
  • Konsumsi kafein yang terlalu banyak
  • Konsumsi kokain
  • Mengonsumsi terlalu banyak alkohol
  • Tekanan darah tinggi
  • Aktifnya kelenjar tiroid
  • Adanya reaksi tubuh terhadap obat-obatan tertentu
  • Masalah jantung seperti arteri koroner, katup jantung, hingga gagal jantung


Gejala Detak Jantung Cepat

Apabila jantung berdetak dengan cepat, maka fungsinya untuk memompa darah ke seluruh tubuh menjadi kurang optimal. Olehnya itu, akan muncul beberapa gejala sebagai berikut:
  • Sakit kepala
  • Sakit dada
  • Sesak napas
  • Jantung berdebar secara tidak teratur

Cara Mengatasi Detak Jantung Cepat

Terjadinya perubahan irama jantung sebaiknya mendapatkan penanganan yang tepat. Hal ini berguna untuk memperlambat perubahan tersebut, mencegah berulangnya kondisi serupa, serta komplikasi yang mungkin terjadi. Beberapa pengobatan yang sering dilakukan yakni antara lain:
  • Manuver Vagal yaitu tindakan medis yang bertujuan untuk memperlambat detak jantung dengan cara merangsang saraf vagus yang berfungsi mengatur detak jantung
  • Pemberian obat antiaritmia untuk mengembalikan irama jantung ke dalam kondisi normal. Ada 2 cara konsumsi obat antiaritmia yaitu diminum dan disuntikkan. Beberapa contohnya adalah Lanoxin, Beta Blocker, Calcium Channel Blocker, dan Amiodarone
  • Kardioversi yakni pemberian alat kejut listrik yang dimaksudkan untuk mengembalikan detak jantung ke dalam kondisi normal
Seluruh penanganan detak jantung cepat ini membutuhkan penanganan langsung dari dokter ahli untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan. Biaya yang harus dikeluarkan pun tergolong tidak sedikit. Sebagai solusi, ada baiknya untuk melakukan langkah preventif dengan memiliki asuransi kesehatan dari AXA Financial Indonesia.

Asuransi ini akan membantu mengatasi tingginya biaya pengobatan yang harus dikeluarkan. Di AXA Financial Indonesia, tersedia berbagai macam jenis asuransi salah satunya adalah Axa Heart and Save. Ada berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan mulai dari cashback berdasarkan total premi yang telah dibayarkan, uang pertanggungan senilai Rp. 250.000.000, santunan duka sebesar 200% akibat kecelakaan, hingga pengembalian premi 105%.

Bukan hanya itu, kamu tidak perlu lagi khawatir karena durasi cicilan bisa disesuaikan mulai dari 3, 6, hingga 12 bulan dengan fasilitas cicilan 0%. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai asuransi Axa Heart and Save. Kamu dapat mengunjungi website resmi AXA Financial Indonesia di sini.

Inspirasi Terkait
Tips Meraih Cita-cita Dalam Hidup yang Bisa Dilakukan Agar Terwujud
Tips Meraih Cita-cita Dalam Hidup yang Bisa Dilakukan Agar Terwujud
07 Oktober 2019   Lifestyle
Meraih impian bukanlah hal yang sulit dilakukan jika kamu mengikuti tips berikut ini
Baca Selengkapnya
Tak Hanya Sesak Napas, Ini 5 Macam Gangguan Jantung Lainnya yang Perlu Dipahami
Tak Hanya Sesak Napas, Ini 5 Macam Gangguan Jantung Lainnya yang Perlu Dipahami
07 Oktober 2019   Kesehatan
Gangguan pada jantung tidak hanya menunjukkan gejala sesak napas, lho. Kamu perlu mengetahui tanda-tanda yang berbeda dari setiap jenis penyakit jantung seperti berikut ini.
Baca Selengkapnya
Sering Disepelekan, Ini 5 Gejala Sakit Jantung Pada Wanita yang Harus Diwaspadai
Sering Disepelekan, Ini 5 Gejala Sakit Jantung Pada Wanita yang Harus Diwaspadai
07 Oktober 2019   Kesehatan
Sakit jantung memang berbahaya dan tidak bisa diabaikan begitu saja. Oleh karena itu, yuk kenali apa saja gejalanya, khususnya bagi para wanita yang memiliki tanda berbeda dari pria.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...