12 September 2018   Lifestyle

Mengintip 5 Komunitas Mobil Antik di Indonesia

55     0
Perkembangan industri otomotif saat ini kian pesat, mobil salah satunya. Hampir setiap hari perusahaan-perusahaan otomotif merilis produk terbaru mereka. Hasilnya, tidak sedikit orang yang berlomba-lomba untuk memiliki mobil keluaran terbaru.

Keinginan untuk menunggangi mobil terbaru disebabkan oleh kemudahan perawatan, gaya dan desain yang stylish, serta spare part yang mudah didapatkan. Namun, di tengah fenomena ini masih ada saja orang yang tetap setia dengan mobil-mobil antik yang tidak lagi diproduksi.

Ada beragam alasan untuk tetap memakai mobil jadul seperti langkanya jumlah kendaraan tersebut sehingga membuat pemilikinya stand out hingga sisi emosional dan sejarah dari sebuah mobil. Jumlahnya yang tidak sedikit membuat mereka membentuk komunitas. Penasaran dengan komunitas mobil antik di Indonesia? Intip 5 di antaranya di bawah ini:


Djadoelers Indonesia

Maraknya penggunaan internet, khususnya media sosial bernama Facebook memungkinkan orang-orang dengan interest yang sama berkumpul dan berinteraksi di dalam sebuah grup. Salah satu hasilnya bisa dilihat dari Djadoelers Indonesia. Komunitas ini berawal dari grup Facebook yang jumlahnya hanya 10 orang. Seiring perkembangannya, anggota komunitas ini pun berjumlah 1000-an orang dengan 200 orang anggota aktif. Orang-orang yang bergabung memiliki hobi yang sama dalam mengumpulkan barang-barang kuno, termasuk mobil jadul.


Classic Car Coupe

Tidak hanya di grup Facebook, ada juga komunitas yang terbentuk dari komunikasi intens di Blackberry Messenger. Sebultah Classic Car Coupe atau lebih dikenal sebagai Triple C. Komunitas ini terbentuk pada 16 Juni 2012 dan berdomisili di Jakarta dengan minat pada mobil classic coupe dengan dua pintu mewah. Ada beberapa tipe kendaraan roda empat yang tergabung di Triple C antara lain Mitsubishi Galant GTO keluaran 1970 dan Karmann Ghia tahun 1961. 


Mercedes Benz Boxer Club Indonesia

Salah satu mobil yang populer di Indonesia sejak dulu hingga saat ini adalah Mercedes Benz. Jumlahnya yang banyak membuat para penggunanya kemudian berkumpul dan membentuk sebuah komunnitas. Tujuannya adalah untuk menaungi dan sebagai tempat berbagi para pemilik kendaraan. Saking banyaknya, tipe mobil Mercedez Benz bahkan terbagi lagi ke dalam komunitas bernama Mercedez Benz Boxer Club Indonesia yang terbetuk pada 25 April 2005.


Volvo Freaks Indonesia

Apabila yang lain menganggap kelompok mobilnya sebagai komunitas, maka yang satu ini enggan untuk disebut sebagai komunitas. Volvo Freaks Indonesia memilih untuk disebut sebagai penggila mobil Volvo. Namun tetap saja, kumpulan ini menjadi salah satu komunitas mobil antik di Indonesia yang aktif. Berdiri sejak 10 Jui 2010, Volvo Freaks Indonesia hanya beranggotakan 25 orang. Hal ini disebabkan karena kualitas seorang anggota yang lebih dijunjung tinggi.


Indonesia Mazda Auto Club

Terakhir, komunitas mobil antik yang memiliki banyak anggota aktif adalah Indonesia Mazda Auto Club (I-MAC). Perkumpulan penggemar mobil Mazda ini berdiri pertama kali pada 22 Mei 2004. Hingga saat ini setidaknya ada 500 anggota yang bergabung. Dengan jumlah anggota sebanyak itu, komunitas I-MAC aktif menggelar beragam macam kegiatan seperti gathering dan touring.

Nah, itu tadi 5 daftar komunitas mobil antik di Indonesia. Sebenarnya, berkumpul dengan orang-orang yang mempunyai kegemaran yang sama akan memberikan banyak manfaat. Selain untuk bertukar pikiran, kamu juga akan memiliki banyak teman baru. Siapa tahu dari pertemanan ini akan membawa ke peluang-peluang yag tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Inspirasi Terkait
Pahami Penyebab Detak Jantung Cepat dan Cara Mengatasinya
Pahami Penyebab Detak Jantung Cepat dan Cara Mengatasinya
21 September 2018   Kesehatan
Pernah merasakan jantung berdetak cepat secara tiba-tiba? Kamu patut waspada sebab bisa jadi kondisi tersebut merupakan gejala awal serangan jantung. Berubahnya irama jantung ini jelas saja membuat orang merasa tidak nyaman, cemas, dan khawatir.
Baca Selengkapnya
Patung GWK Akan Menjadi Tertinggi di Indonesia Lho, Kenapa Bisa?
Patung GWK Akan Menjadi Tertinggi di Indonesia Lho, Kenapa Bisa?
21 September 2018   Lifestyle
Kabar gembira bagi dunia pariwisata dan seni di Indonesia karena patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) telah berdiri. Jika selama ini patung hanya diperuntukkan sebagai karya seni, kali ini akan menjadi ikon yang merupakan daya tarik pariwisata.
Baca Selengkapnya
Mau Bulan Madu Murah? Ini 5 Destinasi Pilihannya
Mau Bulan Madu Murah? Ini 5 Destinasi Pilihannya
21 September 2018   Lifestyle
Bagi sebagian pasangan, bulan madu adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan setelah pesta pernikahan selesai. Pilihan destinasi bulan madu pun sangat beragam, tergantung dari budget yang dipunya.
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...