31 Desember 2019   Lifestyle

Mengapa Hari Ibu Jatuh Pada Tanggal 22 Desember Setiap Tahunnya?

Tahukah kamu bahwa setiap tanggal 22 Desember, Indonesia merayakan Hari Ibu sebagai Hari Nasional? Hari Ibu sendiri hadir sebagai perayaan terhadap peran seorang ibu di dalam keluarga. Sudah bukan rahasia lagi jika keberadaan ibu di dalam sebuah keluarga sangat dibutuhkan, misalnya untuk mendidik anak-anak.

Tidak hanya keluarga, di lingkungan sosial ibu juga punya peranan penting. Hadirnya perayaan Hari Ibu ini pun biasanya dilakukan dengan membebastugaskan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh seorang ibu setiap harinya. Lantas, bagaimana perayaan Hari Ibu ini bermula? Simak ulasannya di bawah ini!

Sejarah Hari Ibu


Di Indonesia, sejarah Hari Ibu bermula saat Kongres Perempuan Indonesia III dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat mulai dari tanggal 22 hingga 27 Juli 1928. Para peserta yang hadir menyepakati bahwa Indonesia wajib mempunyai perayaan Hari Ibu yang ditetapkan setiap tanggal 22 Desember.

Dengan adanya pemilihan tanggal tersebut, kesatuan pergerakan perempuan Indonesia pun mulai merayakan Hari Ibu pada tanggal 22 Desember 1928.  Siapa sangka bahwa berselang beberapa tahun Presiden Soekarno pun mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres)?
Keputusan yang ditetapkan pada Kongres Perempuan Indonesia III ini didukung dengan adanya Keppres Nomor 316 Tahun 1959. Melalui Kepres inilah Indonesia pun secara resmi menjadikan Hari Ibu sebagai Hari Nasional.
Hadirnya Kepres ini disesuaikan dengan kondisi bahwa Hari Ibu pada dasarnya merupakan tonggak bersejarah bagi para perempuan di Indonesia yang merupakan bagian dari perjuangan bangsa. Hal ini juga menandai emansipasi perempuan dan keterlibatan mereka di dalam perjuangan merebut kemerdekaan.

Perayaan Hari Ibu di Berbagai Negara


Namun, siapa sangka bahwa Hari Ibu tidak hanya dirayakan di Indonesia? Berbagai negara di belahan dunia lainnya juga menggelar perayaan serupa. Beberapa di antaranya yakni sebagai berikut:

1. Jepang


Berbeda dengan di Indonesia, masyarakat Jepang memperingati Hari Ibu setiap tanggal 12 Mei. Ada beragam aktivitas yang biasanya dilaksanakan mulai dari lomba menggambar ibu bagi anak-anak hingga pemberian bunga anyelir berwarna merah dengan tulisan Selamat Hari Ibu bertuliskan huruf Kanji.

2. Perancis


Di negara ini Hari Ibu diperingati tanggal 26 Mei di mana awalnya bertujuan untuk menghormati istri-istri yang ditinggal gugur oleh suaminya di masa Perang Dunia I.  Perayaannya sering kali berupa pemberian bunga, kue, dan hadiah kepada seorang ibu.

3. Amerika Serikat


Di Negeri Paman Sam, Hari Ibu pertama kali dirayakan pada 1908 di mana waktu itu Anna Jarvis, seorang guru sekolah, memperingati kematian ibunya. Pada 1908 Kongres Amerika Serikat menolak permohonan untuk menjadikan Hari Ibu sebagai hari libur nasional. Baru pada 1914, Presiden Amerika Serikat, Woodrow Wilson, menandatangani deklarasi Hari Ibu setiap tanggal 10 Mei sebagai hari libur di negara tersebut.

Baca juga: Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini

Rekomendasi Kado di Hari Ibu
Bagi kamu yang mau merayakan Hari Ibu, tidak ada salahnya jika memberikan kado sebagai wujud terima kasihmu kepada ibu yang selama ini telah mengurus keluarga. Ada beragam hadiah yang bisa diberikan yakni antara lain tas atau dompet etnik kantoran, produk kosmetik, bunga, atau barang-barang lain yang disukainya.

Nah, itu tadi beberapa informasi mengenai sejarah dan berbagai perayaan Hari Ibu di negara-negara lain yang penting untuk diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat!
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Vitamin C yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit
Vitamin C yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit
01 Juli 2020   Kesehatan
Selain meningkatkan sistem imun tubuh, masih banyak manfaat vitamin C bagi kesehatan, antara lain:
Baca Selengkapnya
Ketahui Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia
Ketahui Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia
30 Juni 2020   Kesehatan
Hati-hati dengan Insomnia. Yuk, cari informasi lengkap tentang Insomnia di Sini!
Baca Selengkapnya
Sejarah Hari Anti Narkoba Sedunia
Sejarah Hari Anti Narkoba Sedunia
30 Juni 2020   Lifestyle
Tahukah kamu? Setiap tanggal 26 Juni diperingati sebagai Hari Anti Narkoba Sedunia. Inilah sejarahnya
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...