31 Agustus 2020   Kesehatan

Mau Berat Badan Ideal? Intip Cara Diet Berdasarkan Golongan Darah Kamu

Sudah mencoba beberapa jenis diet tapi belum berhasil?  Hal pertama yang perlu diketahui jika mau berat badan ideal adalah bukan dengan cara mengurangi atau bahkan tidak makan sama sekali, tetapi makan sesuai kebutuhan tubuh kita.  

Yuk coba sesuatu yang baru, yaitu diet berdasarkan golongan darah. Menurut Dr. Peter D’Adamo seorang ahli yang meneliti tentang cara diet ini.  mengatakan diet golongan darah merupakan cara diet paling cocok dilakukan karena reaksi yang dihasilkan tubuh untuk makanan berbeda-beda. (Sumber: alodokter.com)
Dengan menyesuaikan pola makan berdasarkan golongan darah, diharapkan diet kamu lebih efektif.  Simak penjelasan berikut ini.
 

Golongan Darah A

Orang dengan golongan darah A memiliki sistem imun tubuh yang sensitif, sehingga disarankan melakukan diet ala vegetarian, yaitu banyak mengonsumsi makanan berbahan nabati.  Contohnya tahu, roti gandum, kacang-kacangan, sayur berwarna hijau, daging ayam, ikan sarden dan salmon, dan teh hijau.  Hindari kentang, roti putih, mangga, melon, dan daging selain daging ayam. 
 

Golongan Darah B

Orang dengan golongan darah B dapat melakukan diet yang seimbang antara nabati dan hewani namun tetap dengan porsi kecil agar metabolisme tubuh tetap terjaga. Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi adalah daging kambing atau domba, ikan salmon dan sarden, sayur seperti brokoli, sawi, dan kangkung, telur, dan susu dengan lemak rendah.  Hindari ayam, tomat, dan kacang-kacangan.
 

Golongan Darah O

Untuk golongan darah O fokuskan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat rendah seperti: daging tanpa lemak dan diolah dengan sedikit atau tanpa minyak (sebaiknya gunakan minyak zaitun), ikan-ikanan, sayur-sayuran seperti brokoli, bayam, dan rumput laut, dan buah-buahan.
 

Golongan Darah AB 

Orang dengan golongan darah AB yang terbilang langka ini memiliki keasaman perut yang cukup rendah. Agar program diet berhasil, berikut makanan yang disarankan yaitu makanan laut (seafood), tahu, semua jenis susu dan olahannya, sayur-sayuran hijau.  Hindari kopi, alkohol, dan daging panggang karena bisa berdampak buruk pada perut.
 
Setelah mengetahui cara diet berdasarkan golongan darah, jangan lupa barengi dengan olahraga agar tubuh lebih bugar. Segera hentikan diet apabila terjadi reaksi yang tidak diinginkan seperti alergi dan sebaiknya konsultasikan ke tenaga profesional seperti ahli gizi atau dokter.
 
Untuk mengantisipasi risiko lainnya seperti sakit, jangan ragu untuk memiliki asuransi kesehatan yang akan melindungi tabunganmu dari biaya pengobatan rumah sakit.
 
 
Cukup Rp4.700/hari bisa punya asuransi kesehatan. Klik pada banner!



Sumber: www.beautynesia.id
 
 
Baca Juga: 4 Minuman yang Dapat Menurunkan Berat Badan
 

Inspirasi Terkait
Penyakit Listeriosis: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya
Penyakit Listeriosis: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya
16 Oktober 2020   Kesehatan
Penyakit Listeriosis disebabkan oleh bakteri Listeria Monocytogenes yang ditemukan di daerah lembab dan dapat bertahan di suhu dingin. Bagaimana bakteri ini dapat menyerang manusia? Berikut penjelasannya.
Baca Selengkapnya
Makanan Ini Bisa Menciptakan Rasa Bahagia. Cobain deh!
Makanan Ini Bisa Menciptakan Rasa Bahagia. Cobain deh!
16 Oktober 2020   Kesehatan
Tahukah kamu, lewat makanan kamu bisa meningkatkan mood dan menciptakan rasa bahagia. Apa saja makanan itu?
Baca Selengkapnya
6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Virus Corona
6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Virus Corona
15 Oktober 2020   Kesehatan
Selain kesehatan fisik, sangat penting juga bagi kita untuk menjaga kesehatan pikiran dan mental dalam menghadapi perubahan gaya hidup semenjak pandemi ini. Kamu bisa mengikuti caranya di bawah ini.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...