13 Oktober 2020   Kesehatan

Manfaat Menabung Bagi Kesehatan Mental

Menabung menjadi salah satu cara untuk menyehatkan finansial. Namun ternyata di balik itu, manfaat menabung juga menyehatkan dari sisi mental. Manfaat menabung bagi kesehatan mental ini dapat dirasakan oleh semua kalangan usia, baik dari anak-anak hingga orang tua. Berikut penjelasannya.
 

Manfaat Menabung Bagi Kesehatan Mental

Meminimalisir untuk berhutang

Sejak dahulu, menabung diyakini sebagai kegiatan mengumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk kebutuhan masa depan, baik kebutuhan yang sudah terencana maupun mendesak. Tabungan dapat berfungsi  untuk kebutuhan ketika kita tiba-tiba harus mengeluarkan uang untuk hal darurat seperti sakit. Tabungan yang mencukupi bisa membantu menutupi pengeluaran yang tak cukup dibayar dari pendapatan bulanan. Hal ini menunjukkan bahwa menabung membantu kita untuk terhindar dari hutang. Namun, bila kamu ingin melindungi tabungan kamu agar tetap aman, kamu juga bisa menyiapkan asuransi kesehatan yang dapat dimanfaatkan untuk membayar biaya rumah sakit ketika kamu atau orang yang kamu cintai jatuh sakit.
 
Lindungi tabungan kamu dengan asuransi kesehatan

asuransi kesehatan
 

Memberikan ketenangan

Dampak buruk yang dapat muncul ketika berhutang adalah stres, depresi hingga sulit tidur karena pikiran kita akan terus mencari cara agar dapat melunasi hutang tersebut. Namun karena kamu sudah meminimalir untuk berhutang lewat menabung. Dengan adanya cadangan uang, pikiran seseorang akan lebih terkontrol saat menghadapi situasi yang tak diduga. Orang yang memiliki tabungan cukup dan menyisihkan uangnya secara rutin secara mental lebih tenang dibanding mereka yang memiliki tabungan sedikit, apalagi dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki tabungan.
 

Menjadi lebih disiplin

Menabung secara tidak langsung memaksa kita untuk menyisihkan uang untuk disimpan dan dilakukan secara konsisten. Efeknya, kita menjadi lebih disiplin terutama dalam mengatur keuangan. Alhasil, perencanaan keuangan menjadi lebih rapi dan kita lebih bisa menahan diri untuk belanja sesuatu yang bukan menjadi prioritas.
 

Menciptakan rasa optimis

Selain menjadi disiplin, manfaat menabung bagi kesehatan mental adalah terciptanya rasa optimis. Menabung merupakan aktivitas mengumpulkan uang secara bertahap. Meski nilainya kecil, ketika kita mengetahui saldo tabungan semakin besar, maka muncul rasa optimis hingga mendorong kita bekerja lebih keras.
 
Yuk, jangan lupa menabung!
 
Sumber: money.kompas.com dan investasi.kontan.co.id

 
Baca Juga: Bagaimana Cara Agar Bisa Menabung?
 

Inspirasi Terkait
Penyakit Listeriosis: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya
Penyakit Listeriosis: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya
16 Oktober 2020   Kesehatan
Penyakit Listeriosis disebabkan oleh bakteri Listeria Monocytogenes yang ditemukan di daerah lembab dan dapat bertahan di suhu dingin. Bagaimana bakteri ini dapat menyerang manusia? Berikut penjelasannya.
Baca Selengkapnya
Makanan Ini Bisa Menciptakan Rasa Bahagia. Cobain deh!
Makanan Ini Bisa Menciptakan Rasa Bahagia. Cobain deh!
16 Oktober 2020   Kesehatan
Tahukah kamu, lewat makanan kamu bisa meningkatkan mood dan menciptakan rasa bahagia. Apa saja makanan itu?
Baca Selengkapnya
6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Virus Corona
6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Virus Corona
15 Oktober 2020   Kesehatan
Selain kesehatan fisik, sangat penting juga bagi kita untuk menjaga kesehatan pikiran dan mental dalam menghadapi perubahan gaya hidup semenjak pandemi ini. Kamu bisa mengikuti caranya di bawah ini.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...