11 Juni 2018   Lifestyle

Ketahui 5 Makanan Lebaran yang Unik dari Berbagai Daerah di Indonesia Ini

1638     2
Lebaran memang masih kurang sepuluh hari lagi, tapi sepuluh hari nampaknya bukanlah waktu yang lama untuk dijalani dengan berpuasa bagi umat muslim. Lebaran, atau yang juga dikenal dengan hari raya Idul Fitri, memang identik dengan kue kering seperti nastar, kastengel dan putri salju.

Tapi, Kamu juga gak boleh lupa kalau lebaran identik dengan makanan berat yang biasanya disandingkan dengan ketupat, lontong atau sejenisnya. Nah, tim Foody sekarang punya daftar 5 makanan khas lebaran dari berbagai daerah di Indonesia, nih! Yuk, simak satu per satu.


Bebek Gulai Kurma – Aceh

Mendengar nama makanan ini, mungkin yang terbayang di pikiran Kamu adalah bebek yang dimasak dengan buah kurma? Tapi tenyata, anggapan itu salah. Salah satu makanan lebaran dari berbagai daerah Indonesia ini berasal dari daerah paling barat Indonesia yaitu Aceh. Uniknya bebek gulai kurma yang disematkan kata “kurma” di namanya tidak memiliki bahan dasar kurma sama sekali. Bebek gula kurma ini terdiri dari potongan daging bebek dengan kuah santan yang kental. Makanan ini menggunakan daun temurui, daun pandan, serai dan banyak rempah lainnya.
 

Gulai Nangka Muda – Medan

Salah satu makanan lebaran dari berbagai daerah Indonesia datang dari kota Medan. Kota di Sumatra Utara ini memang identik dengan masakan melayu yang khas dengan santan. Salah satunya adalah gulai nangka muda. Gulai ini terdiri dari nangka muda yang ditambah dengan daging dan potongan kacang panjang, lalu dimasak dengan santan dan berbagai rempah khas gulai. Di Medan, kamu akan dengan mudah menemukan makanan ini di setiap rumah yang Kamu kunjungi dan biasanya disajikan dengan ketupat atau lontong.
 

Semur Daging – Betawi

Semur pastinya bukan lagi makanan yang asing bagi siapapun. Makanan lebaran dari berbagai daerah Indonesia yang satu ini berasal dari Betawi.Semur daging merupakan makanan khas Betawi yang terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak dengan kuah kecap sampai kuahnya menyusut. Dagingnya sendiri, sebelum dimasak sudah dilumuri dengan berbagai bumbu. Saat Lebaran, semur daging disajikan dengan kentang goreng dan ebi halus.
 

Ayam Gagape – Makassar

Kalau di Pulau Jawa, opor ayam menjadi salah satu makanan khas lebaran, maka di Makassar ada makanan serupa bernama Ayam Gagape. Makanan lebaran dari berbagai daerah Indonesia yang satu ini terbuat dari potongan ayam yang direbus bersama dengan berbagai rempah sampai matang dan kuahnya mongering. Kemudian, potongan ayam tersebut dimasak lagi dengan bawang merah dan putih yang sudah ditumis bersama santan. Terakhir, supaya lebih nikmat makanan ini ditambahkan dengan kelapa parut sangrai. Kemudian, yang membedakan ayam gagape dengan opor di Pulau Jawa adalah jumlah dan jenis rempah-rempah yang digunakan.


Soto Banjar – Banjarmasin

Salah satu makanan lebaran dari berbagai daerah Indonesia berasal dari pulau Kalimantan, tepatnya di daerah Banjarmasin. Jika kamu menghabiskan lebaran di Banjarmasin, tidak lengkap rasanya kalau kamu tidak menikmati soto banjar. Soto dengan kuah bening yang segar karena sedikit asam dijamin akan memuaskan lidah dan perut. Isiannya terdiri dari suwiran ayam, soun, telur rebus, perkedel kentang, bawang merah goreng dan seledri. Biasanya, soto banjar disajikan dengan sambal kemiri yang bisa bikin Kamu ketagihan.

Ya, itulah 5 makanan lebaran dari berbagai daerah Indonesia yang sangat menggugah selera. Ternyata selain rendang dan ketupat masih banyak makanan lebaran dari berbagai daerah di Indonesia yang sangat menggugah selera. Jangan lupa untuk makan dengan porsi yang tidak berlebihan, karena kalau berlebihan akan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Inspirasi Terkait
Wajib Nonton! 5 Film Drama Keluarga Terbaik
Wajib Nonton! 5 Film Drama Keluarga Terbaik
15 Oktober 2018   Lifestyle
Bingung ingin melakukan apa untuk menghabiskan masa liburan bersama keluarga? Tidak ada salahnya untuk mengajak anggota keluarga lainnya untuk menonton film. Nah, apa saja sih film drama keluarga terbaik yang wajib kamu tonton? Yuk, cek 5 daftarnya berikut ini:
Baca Selengkapnya
Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Perlu Diketahui
Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Perlu Diketahui
15 Oktober 2018   Kesehatan
Pada tanggal 9 September kemarin, masyarakat Indonesia baru saja selesai merayakan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Puncak perayaan Haornas kali ini dilaksanakan di Gelora Kie Raha, Ternate, Maluku Utara. Hal ini diumumkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.
Baca Selengkapnya
Mau Solo Travelling? Ini 10 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi
Mau Solo Travelling? Ini 10 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi
15 Oktober 2018   Lifestyle
Jalan-jalan sendirian memang sering dianggap berbahaya bagi setiap orang. Faktanya, perkembangan kondisi pariwisata di segala aspek ke arah positif memungkinkan semua orang termasuk pria atau wanita dapat travelling seorang diri.
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...