08 Mei 2019   Kesehatan

Kamu Penderita Diabetes? Ketahui Dulu Aturan Berpuasa Berikut Ini

452     0
Tidak sedikit yang menyebutkan bahwa berpuasa di bulan Ramadan akan membawa dampak positif bagi tubuh seseorang. Sayangnya, penderita diabetes kerap kali tidak bisa berpuasa karena efek samping yang bisa ditimbulkan.

Diabetes sendiri merupakan penyakit yang dapat berlangsung lama atau kronis dengan adanya tanda-tanda berupa kadar gula yang tinggi atau berada di atas angka gula darah normal. Gangguan kesehatan seperti ini jika tidak dikontrol dengan baik akan menimbulkan berbagai komplikasi yang dapat membahayakan penderitanya.

Olehnya itu, para penderita diabetes wajib melakukan konsultasi ke dokter sebelum mulai berpuasa. Hal ini disebabkan oleh adanya beberapa aturan yang sering diterapkan agar mereka yang mengidap gangguan ini dapat tetap berpuasa seperti biasanya. Lantas, apa saja aturan berpuasa untuk penderita diabetes? Yuk, simak aturannya di bawah ini!


1. Tidak Mengubah Pola Makan

Pada dasarnya tidak ada perubahan pola makan selama menjalankan puasa Ramadan bagi para pengidap diabetes. Jika sahur dan berbuka puasa tiba tetaplah mengonsumsi makanan seperti biasanya.


2. Perbanyak Makanan yang Menghasilkan Energi

Untuk kondisi tubuh yang sehat, perbanyaklah makanan yang mampu menghasilkan energi bagi tubuh seperti gandum, kacang-kacangan, dan nasi merah. Hindari makanan dengan kadar kandungan asam jenuh yang tinggi.


3. Perhatikan Porsi Makanan

Ketika berpuasa penderita diabetes tetap harus memperhatikan porsi makanannya. Aturannya yakni 50% saat sahur, 40% saat berbuka, dan sisanya 10% setelah salat tarawih.
 

4. Jaga Asupan Cairan

Bukan hanya itu, asupan cairan di dalam tubuh wajib tetap dijaga. Hal ini untuk memastikan seluruh organ tubuh dapat berfungsi seperti biasanya. Pasalnya, lebih dari separuh tubuh manusia terdiri dari cairan.


5. Lakukan Aktivitas Fisik

Bagi penderita diabetes tipe 2 mereka perlu melakukan aktivitas fisik namun dengan intensitas yang rendah serta jangka waktu yang pendek. Pasalnya, jika berlebihan maka besar kemungkinan risiko kadar gula darah tubuh akan menurun.
 

6. Periksa Gula Darah

Terakhir, pemeriksaan gula darah dalam tubuh secara teratur harus tetap dilakukan untuk mengetahui kadar gula darah dalam tubuh apakah rendah atau tinggi. Bagi penderita diabetes yang telah mencapai kadar gula darah kurang dari 70 mg/dl atau lebih dari 300 mg/dl, maka disarankan untuk membatalkan puasa.

Demikian tadi beberapa aturan berpuasa untuk penderita diabetes yang dapat diterapkan. Yang pasti, munculnya berbagai gangguan kesehatan secara tiba-tiba pada diri seseorang memang tidak bisa dihindarkan. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda berjaga-jaga sebelum terjadi sesuatu.

Langkah preventif yang dapat ditempuh dengan mendaftarkan diri pada asuransi AXA Financial Indonesia. Ada berbagai pilihan manfaat yang cocok buat kamu. Cashback 100% serta manfaat terbaik pun menanti.

Beberapa di antaranya yakni Klik Proteksi Jantung dan Stroke untuk biaya pengobatan jantung atau stroke, Klik Proteksi Kanker untuk pengobatan diagnosa kanker sejak stadium awal, Klik Proteksi Diri Plus untuk perlindungan rumah sakit akibat kecelakaan, Klik Proteksi Diri bila tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan, serta Klik Proteksi Jiwa untuk perlindungan bagi kamu atau orang yang kamu cintai.

Dengan memiliki asuransi di AXA Financial Indonesia maka kamu tidak perlu lagi khawatir jika terjadi sebuah gangguan secara tiba-tiba. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai asuransi ini, segera kunjungi situs resmi AXA Financial Indonesia di sini.

Inspirasi Terkait
Trik Belanja Saat Harbolnas Agar Barang Incaranmu Bisa Kebeli
Trik Belanja Saat Harbolnas Agar Barang Incaranmu Bisa Kebeli
16 Oktober 2019   Kesehatan
Harbolnas akan segera tiba. Agar tidak kehabisan, Anda bisa mengikuti trik berikut ini agar dapat membeli barang impianmu.
Baca Selengkapnya
Mom! Waspadai 5 Penyakit Musim Hujan yang Sering Menyerang Anak Berikut Ini
Mom! Waspadai 5 Penyakit Musim Hujan yang Sering Menyerang Anak Berikut Ini
16 Oktober 2019   Kesehatan
Musim hujan rentan menimbulkan masalah kesehatan. Berikut ini penyakit musim hujan yang sering menyerang anak yang perlu diwaspadai.
Baca Selengkapnya
Kenali Tanda dan Gejala ISPA Agar Tidak Semakin Parah
Kenali Tanda dan Gejala ISPA Agar Tidak Semakin Parah
16 Oktober 2019   Kesehatan
Hati-hati dengan penyakit ISPA yang mudah menular. Yuk, ketahui tanda dan gejala ISPA agar kamu lebih berhati-hat seperti berikut ini.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...