13 Nopember 2019   Kesehatan

Fakta Tentang Hari Diabetes Sedunia di Indonesia

749     0
Diabetes adalah penyakit tidak menular yang disebabkan karena pankreas tidak menghasilkan insulin yang cukup atau tubuh tidak memanfaatkan insulin secara efektif. Insulin sendiri menjadi hormon yang berperan dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Orang yang mengidap diabetes pasti organ tubuhnya akan terganggu. 

Faktor seseorang mengalami diabetes karena beberapa hal, di antaranya genetik dan penerapan gaya hidup yang salah. Indonesia sendiri, berada di peringkat keenam sebagai negara yang masyarakatnya banyak mengidap penyakit diabetes mellitus. Sebentar lagi. Akan diperingati Hari Diabetes Sedunia. Sebelum waktunya tiba, yuk ketahui apa saja fakta tentang Hari Diabetes Sedunia.

Hari Peringatan Diambil dari Penemu Insulin


Hari Diabetes Sedunia (World Diabetes Day) diperingati setiap tanggal 14 November. Dibuatnya Hari Diabetes Sedunia bertujuan untuk meningkatkan awareness terhadap diabetes yang lama kelamaan terus meningkat. Pihak yang mencanangkannya adalah International Diabetes Federation (IDF) dan World Health Organisation (WHO) dan mulai dirayakan pada 14 November 1991.

Namun, tahun 2006 secara resmi Hari Diabetes Sedunia dijadikan sebagai hari yang penting. Ini juga didukung dengan dikeluarkannya Resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa 61/225. Diambilnya tanggal 14 November sebagai Hari Diabetes Sedunia karena terinspirasi dari kelahiran Sir Frederick Banting pada 14 November 1891 yang merupakan penemu dan pengembang insulin bersama Charles Herbert.

Dampak dari penemuan ini membuat pengobatan untuk diabetes pada tahun 1922 jadi tersedia. Berkat penemuannya ini Frederick Banting bisa menerima Hadiah Nobel dalam bidang Fisiologi.

Leonard Thompson yang merupakan pasien di Rumah Sakit Umum Toronto Pada Januari 1922 menjadi orang pertama yang menerima suntikan insulin untuk diabetes. Dengan pengobatan tersebut, Thompson bisa hidup 13 tahun lagi sebelum meninggal karena pneumonia di usianya yang menginjak 27 tahun.

Namun perlu diingat, meski suntik insulin bisa membantu pengidap memperpanjang kemungkinan hidup, namun siapa saja haruslah lebih waspada. Diperlukan penerapan gaya hidup sehat agar bisa terhindar dari berbagai kemungkinan sakit diabetes. 

Istilah Diabetes


Nama diabetes dicetuskan oleh Apollonius dari Memphis di kisaran tahun 250 SM. Tapi, diduga penyebutan diabetes dalam bahasa Inggris pertama kali adalah "diabete" yang ditulis sekitar 1425 M. Kemudian di tahun 1675, seorang dokter bernama Thomas Willis memberikan kata tambahan "mellitus" untuk melengkapi kata diabete.

Kata ini berasal dari rasa manis bersumber dari urine pengidap diabetes yang telah diteliti oleh orang Cina, India, Mesir, Persia, dan Yunani kuno.

Diperingati dengan Tema Berbeda


Fakta Hari Diabetes Sedunia biasanya diperingati dengan tema yang berbeda namun berhubungan dengan diabetes. Topik yang biasanya dibahas, yakni diabetes pada anak-anak dan remaja, diabetes dan gaya hidup, diabetes dan obesitas, diabetes dan hak asasi manusia, diabetes pada mereka yang kurang beruntung dan berisiko tinggi, faktor-faktor yang berbeda yang mempengaruhi risiko diabetes dan komplikasinya, dan tema lainnya.

Di Indonesia sendiri banyak perusahaan dan Lembaga kesehatan yang menyelenggarakan acara untuk memperingati Hari Diabetes Sedunia, mulai dari lomba olahraga, jalan sehat, mengadakan pemeriksaan gula darah gratis, pemberian edukasi tentang pola hidup sehat, dan lain sebagainya.

Semoga dengan kamu mengetahui fakta dari Hari Diabetes Sedunia di atas, kamu jadi lebih menerapkan pola hidup sehat ya.

Baca juga: Gejala Diabetes Yang Sering Disepelekan Oleh Banyak Orang
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Selain Bisa Merusak Sendi, Ini 5 Bahaya Asam Urat Lainnya yang Perlu Diketahui!
Selain Bisa Merusak Sendi, Ini 5 Bahaya Asam Urat Lainnya yang Perlu Diketahui!
21 Januari 2020   Kesehatan
Ternyata, bahaya asam urat tidak hanya dapat merusak saraf pada sendi, lho! Simak bahaya lainnya bagi tubuh kamu berikut ini!
Baca Selengkapnya
Punya Hobi Berenang? Ternyata Ini 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan, Lho!
Punya Hobi Berenang? Ternyata Ini 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan, Lho!
21 Januari 2020   Kesehatan
Faktanya, berenang menawarkan manfaat kesehatan yang beragam. Penasaran dengan manfaat berenang bagi tubuh? Yuk, cek 5 manfaatnya berikut ini!
Baca Selengkapnya
Memiliki Riwayat Diabetes? Sebaiknya Kamu Hindari 5 Pantangan Ini
Memiliki Riwayat Diabetes? Sebaiknya Kamu Hindari 5 Pantangan Ini
21 Januari 2020   Kesehatan
Ada beragam makanan dan minuman pantangan diabetes yang perlu diperhatikan. Apa saja pantangan tersebut? Simak 5 di antaranya berikut ini!
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...