25 Juni 2020   Kesehatan

Duduk Terlalu Lama Berbahaya. Yuk, Bergerak!

Jika kamu perhatikan, hampir separuh waktu dalam sehari dihabiskan dengan posisi duduk. Mulai dari bekerja di depan computer atau laptop, berkendara, makan, dan nonton TV. Hati-hati! Duduk terlalu lama dapat membahayakan kesehatan. Ketahui bahaya duduk terlalu lama berikut ini.
 

Bahaya duduk terlalu lama

1. Sakit leher dan tulang belakang

Duduk terlalu lama dapat menyebabkan sakit leher dan tulang belakang. Hal ini karena adanya tekanan berlebih pada tulang belakang, otot punggung, dan leher. Bila dibiarkan terus menerus, maka akan memperburuk postur tubuh.

Sumber: hellosehat.com
 

2. Obesitas dan perut buncit

Selama duduk, tubuh tidak mengeluarkan banyak energi sehingga pembakaran kalori tidak dilakukan secara maksimal. Selain itu, duduk terlalu lama mengakibatkan berkurangnya pelepasan molekul seperti lipoprotein lipase yang bertugas mengelola lemak dan gula dalam tubuh. Oleh karena itulah, kamu dapat terkena sindrom metabolik dan diserang oleh perut buncit dan berat badan yang terus bertambah hingga obesitas.

Sumber: alodokter.com
 

3. Diabetes

Duduk terlalu lama juga berbahaya bagi gula darah. Hal ini membuat sensitivitas insulin berkurang, dimana insulin memiliki tanggung jawab dalam membawa glukosa dari darah ke dalam sel dan dijadikan energi setelahnya. Karena hal inilah tubuh menjadi mudah lelah, cepat lapar, serta berat badan pun menjadi semakin bertambah. Tubuh yang jarang bergerak menyebabkan tubuh mudah mengalami kegemukan dan memicu penyakit diabetes.

Sumber: liputan6.com
 

4. Penyakit Jantung

Selain penyakit diabetes, duduk terlalu lama juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Otot-otot hanya membakar sedikit lemak dan membuat aliran darah tidak mengalir secara semestinya karena kelamaan duduk. Hal ini menyebabkan asam lemak menyumbat jantung dan memicu terkena penyakit jantung serta penyakit kardiovaskular lainnya. Maka dari itu, usahakanlah untuk tetap bergerak misalnya pergi ke toilet atau melakukan senang kecil di meja kerja. Agar lebih aman, kamu juga bisa menyiapkan asuransi penyakit jantung agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
 

Sumber: liputan6.com
 
 

5. Meningkatkan Risiko Terkena Kanker

Penyakit kritis lainnya yang disebabkan oleh duduk terlalu lama adalah penyakit kanker. Aktivitas fisik yang rendah bukan hanya menjadi penyebab penyakit jantung, tapi juga kanker. Ketika tubuh tidak bergerak aktif, antioksidan tidak dapat bekerja dengan baik sehingga menyebabkan radikal bebas mudah menyerang dan mengalami disfungsi metabolic yang bisa menyebabkan terjadinya kanker. Yuk, bergerak dan siapkan asuransi penyakit kanker sebagai tindak pencegahan
 

Sumber: liputan6.com
 

Baca Juga: Bahaya Rokok Elektrik Atau Vape Bagi Kesehatan
 
 
asuransi kesehatan
 

Inspirasi Terkait
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
16 April 2021   Lifestyle
Pemerintah resmi melarang kegiatan mudik Lebaran 2021. Tapi jangan khawatir, pasti ada aktivitas yang bisa kamu lakukan di rumah bersama keluarga. Simak inspirasinya di sini yuk.
Baca Selengkapnya
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
16 April 2021   Lifestyle
Sebelum memilih produk asuransi yang paling tepat bagi kamu, tentunya ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan terlebih dulu. Simak di sini, yuk!
Baca Selengkapnya
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
16 April 2021   Lifestyle
Dari sekian banyaknya judul film, ada beberapa judul film di sini yang dapat menyadarkan kamu betapa pentingnya asuransi untuk melindungi diri dari risiko kejadian tak terduga. Apa saja? Simak lebih lanjut, yuk!
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...