30 Desember 2019   Kesehatan

Cedera Karena Olahraga? Segera Lakukan 5 Hal Berikut Ini!

Bagi banyak orang olahraga merupakan aktivitas fisik yang tidak hanya menyehatkan, tapi juga  menyenangkan. Pasalnya, tubuh akan bergerak secara aktif sehingga pikiran pun menjadi lebih segar. Namun sayangnya, cedera karena olahraga kerap kali terjadi sebab aktivitas ini memang menuntut kita untuk selalu fokus.

Sedikit saja kehilangan fokus, ada berbagai dampak buruk yang bisa terjadi. Secara umum, ada beberapa cedera yang sering kali terjadi saat berolahraga. Beberapa di antaranya yakni cedera pada pergelangan kaki, nyeri pinggang, cedera bahu atau siku, kram otot, cedera lutut, serta yang paling parah, gegar otak.

Kondisi ini biasanya terjadi karena kurangnya pemanasan sebelum dan pendinginan setelah berolahraga, tidak ada jeda saat olahraga, serta terlalu memaksakan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik yang satu ini. Tidak hanya itu, menerapkan teknik yang tidak tepat akan meningkatkan risiko cedera.

Apabila kamu berencana berolahraga, ada baiknya jika memahami olahraga tersebut dengan baik terlebih dahulu, termasuk hal-hal apa saja yang perlu dilakukan saat cedera karena olahraga terjadi. Penasaran dengan langkah pertama yang harus dilakukan? Yuk, cek 5 di antaranya berikut ini!

Segera Beristirahat


Langkah utama yang wajib dilakukan saat seseorang mengalami masalah yakni segera beristirahat dan menghentikan seluruh aktivitas olahraga secepatnya. Ada banyak orang yang tidak memperhatikan hal ini padahal jika olahraga terus dilanjutkan, maka dampak buruknya akan semakin besar.

Lakukan Pijatan dengan Lembut


Tahukah kamu bahwa cedera olahraga pada dasarnya disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar dan tersumbat? Untuk mengatasi gangguan ini, ada baiknya untuk melakukan pijatan dengan lembut di daerah yang mengalami cedera. Tujuannya tidak lain untuk merangsang saraf dan meningkatkan aliran darah.

Kompres Bagian yang Bermasalah


Ketika otot kamu mengalami nyeri dan pembengkakan, tidak ada salahnya jika dikompres dengan menggunakan air dingin atau es batu selama 10 hingga 15 menit.  Caranya pun cukup mudah karena kamu hanya perlu membungkus es batu tersebut dengan menggunakan kain atau handuk.

Setelah itu, tempelkan di area yang bermasalah. Mandi air hangat juga akan membantu meredakan nyeri dan pegal yang terjadi.

Elevasi Tubuh


Proses pemulihan cedera karena olahraga bisa kamu lakukan dengan mengelevasi tubuh atau meninggikan bagian tubuh yang bermasalah. Sebagai contoh, jika bagian lutut kamu cedera, posisikan sendi lutut dengan menggunakan bantal yang melebihi ketinggian jantung dan pijat secara pelan.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat untuk Jantung yang Wajib Dikonsumsi, Apa Saja?

Konsumsi Obat Pereda Nyeri


Terakhir, cedera karena olahraga bisa diatasi dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Adapun obat yang biasa direkomendasikan yaitu obat golongan antiinflamasi non steroid yang dapat meringankan nyeri. Yang jelas, selama proses pemulihan kamu disarankan untuk menghindari latihan fisik yang berat dalam jangka waktu yang lama.
Untuk tetap melatih otot yang cedera, kamu tetap perlu melakukan peregangan, misalnya jalan-jalan santai di sekitar rumah. Dibantu dengan obat untuk melancarkan aliran darah, proses penyembuhannya pun diharapkan dapat berjalan lancar.

Nah, itu tadi beberapa informasi mengenai cedera karena olahraga yang patut diketahui. Kondisi seperti ini sebenarnya tidak dapat dihindari, setiap orang berisiko untuk mengalami sesuatu yang tidak diinginkan. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah menyiapkan diri dengan asuransi agar biaya pengobatan tidak memberatkan dan mengganggu kondisi finansial.

Bukan hanya itu, sebelum berolahraga setiap orang penting untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk membuat darah kamu mengalir lebih lancar dan melemaskan pergelangan-pergelangan yang ada. Setelah berolahraga, jangan lupa pula untuk melakukan pendinginan agar otot-otot tubuh kembali normal. Semoga informasi ini bermanfaat!
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Vitamin C yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit
Vitamin C yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit
01 Juli 2020   Kesehatan
Selain meningkatkan sistem imun tubuh, masih banyak manfaat vitamin C bagi kesehatan, antara lain:
Baca Selengkapnya
Ketahui Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia
Ketahui Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia
30 Juni 2020   Kesehatan
Hati-hati dengan Insomnia. Yuk, cari informasi lengkap tentang Insomnia di Sini!
Baca Selengkapnya
Sejarah Hari Anti Narkoba Sedunia
Sejarah Hari Anti Narkoba Sedunia
30 Juni 2020   Lifestyle
Tahukah kamu? Setiap tanggal 26 Juni diperingati sebagai Hari Anti Narkoba Sedunia. Inilah sejarahnya
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...