31 Mei 2019   Lifestyle

Catat Tanggalnya! Jadwal Cuti Bersama Libur Lebaran untuk Referensi Kamu yang Ingin Jalan-jalan

91     0
Memasuki bulan Mei dan awal Juni 2019 masyarakat muslim fokus untuk menjalankan ibadah bulan Ramadan. Selain itu, masyarakat juga bersiap menyambut hari libur lebaran. Khusus untuk pekerja di Indonesia tidak semua mendapatkan hari libur lebaran yang sama.

Misalnya saja Pegawai Negeri Sipil (PNS) mendapatkan jatah cuti yang lebih banyak dibandingkan pekerja lainnya. Presiden Joko Widodo sendiri sudah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 13 Tahun 2019 tentang cuti bersama libur lebaran bagi PNS di tahun 2019 ini yang berlangsung mulai 3 Juni, 4 Juni, dan 7 Juni 2019 atau Senin, Selasa, dan Jumat sebagai cuti bersama libur lebaran.

Tapi, PNS juga libur tanggal 31 Mei 2019. Meski tanggal 1 Juni 2019 adalah hari Sabtu, tapi PNS harus masuk karena harus hadir pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila.

Dalam ketentuan tersebut cuti bersama libur lebaran tidak mengurangi hak cuti tahunan PNS. Sementara untuk PNS yang jabatannya tidak diberikan hak atas cuti bersama dan pengawai pemerintah yang terikat perjanjian kerja bakal memperoleh hak cuti tahunan tambahan sesuai dengan banyaknya cuti bersama yang diperoleh.

Namun, peraturan ini tidak diikuti oleh semua perusahaan swasta. Ada sebagian perusahaan Swasta yang masih masuk tanggal 31 Mei 2019. Namun, meski demikian jangan sampai menghalangi rencana kamu untuk melakukan rencana-rencana menyenangkan saat libur lebaran.

Saat memasuki musim pulang kampung dan lebaran, pasti banyak masyarakat yang memutuskan untuk pergi ke tempat wisata yang letaknya tidak terlalu jauh dengan lokasi kampung halaman.

Jika kampung halaman kamu berada di sekitar pulau Jawa, beberapa daerah seperti Batu, Malang, Surabaya bisa kamu kunjungi karena di sana terdapat berbagai tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi saat cuti bersama libur lebaran.

Beberapa tempat wisata pilihan yang menarik untuk dikunjungi, yakni Jakarta dan Bogor. Semnatar untuk daerah Jawa Batu Night pectacular (Batu), Museum Angkut (Malang), Atlantis Land dan Food Junction (Surabaya), dan Surabaya Night Carnival, Jatim Park (1, 2, dan 3) bisa menjadi pilihan.

Untuk tempat wisata di luar pulau Jawa kamu bisa mengunjungi Danau Toba  (Sumatera Utara), .Nusa Dua (Bali), Gili Trawangan (Nusa Tenggara Barat), dan Pantai Losari (Makassar).

Untuk jadwal masuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pegawai swasta pasca-lebaran dijadwalkan pada tanggal 10 Juni 2019. Untuk lebih detailnya berikut jadwal cuti bersama libur lebaran 2019:
 
  1. 30 Mei (Kamis): Kenaikan Isa Almasih
  2. 31 Mei (Jumat): –
  3. 1 Juni (Sabtu): Libur akhir pekan
  4. 2 Juni (Minggu): Libur akhir pekan
  5. 3 Juni (Senin): Cuti bersama Idulfitri 1440 H
  6. 4 Juni (Selasa): Cuti bersama Idulfitri 1440 H
  7. 5 Juni (Rabu): Idulfitri 1440 H
  8. 6 Juni (Kamis): Idulfitri 1440 H
  9. 7 Juni (Jumat): Cuti bersama Idulfitri 1440 H
  10. 8 Juni (Sabtu): Libur akhir pekan
  11. 9 Juni (Minggu): Libur akhir pekan
  12. 10 Juni (Senin): Masuk kerja
Dengan jadwal cuti bersama libur lebaran di atas, kamu bisa menyiapkan rencana berlibur baik untuk mudik maupun mengunjungi tempat wisata yang ingin didatangi.

Inspirasi Terkait
Waspadai Penyebab Asam Urat di Usia Muda! Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghindarinya
Waspadai Penyebab Asam Urat di Usia Muda! Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghindarinya
24 Juni 2019   Kesehatan
Salah satu masalah persendian yang sering terjadi tanpa mengenal usia yakni penyakit asam urat. Dalam keadaan normal, asam urat dapat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Namun, dalam kondisi tertentu asam urat bisa muncul dalam jumlah yang berlebih sehingga terjadi penumpukan dalam tubuh.
Baca Selengkapnya
Ketahui Penyebab Infeksi Saluran Kemih dan Cara Pengobatannya
Ketahui Penyebab Infeksi Saluran Kemih dan Cara Pengobatannya
24 Juni 2019   Kesehatan
Infeksi bisa terjadi di mana saja, termasuk pada area kantung kemih. Hal ini tentunya cukup rentan terjadi pada sebagian orang, karena pada area tersebut memiliki tingkat kelembapan paling sensitif. Sehingga, bakteri dan virus akan lebih cepat berkembang. Perlu diketahui juga, bahwa infeksi saluran
Baca Selengkapnya
Ketahui Penyebab Anemia dan Cara Mengobatinya Berikut Ini!
Ketahui Penyebab Anemia dan Cara Mengobatinya Berikut Ini!
24 Juni 2019   Kesehatan
Anemia merupakan suatu kondisi ketika tubuh manusia kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin. Hal ini memiliki manfaat untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Hal ini dapat terjadi dalam jangka waktu panjang maupun pendek, serta tak boleh disepelekan, lho.
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...