13 Nopember 2019   Kesehatan

Cara Mudah Mengatasi Radang Lambung yang Bisa Kamu Lakukan

634     0
Akhir-akhir ini, penyakit di sekitar area perut menjadi cukup populer dikalangan anak muda. Hal ini sering disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak teratur. Saat kebiasaan tersebut tidak segera diubah, maka besar kemungkinannya kamu akan merasakan gangguan pada perut.

Saat Anda mengalami serangan nyeri pada area sekitar perut bagian atas, mual, muntah, dan kehilangan nafsu makanan, maka hal tersebut perlu diwaspadai sebagai gejala dari radang lambung.

Radang lambung sendiri merupakan gangguan pada pencernaan dimana lapisan pada dinding mulai mengalami pembengkakkan. Penyakit tersebut sebaiknya segera diatasi agar tidak bertambah parah.

Lalu, bagaimana caranya mengatasi radang lambung agar tidak bertambah parah? Sebaiknya kamu mencoba beberapa hal ini agar aktivitas tidak terganggu.

Mengubah Pola Makan Menjadi Lebih Sehat


Agar kondisi fisikmu tidak semakin memburuk, mulailah mengatasi radang lambung dengan mengganti pola makan menjadi lebih sehat. Hal ini dapat dimulai dengan memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat, rendah lemak, vitamin tinggi, dan probiotik.

Semua kandungan tersebut ada di dalam buah-buahan, oatmeal¸ ikan, dada ayam, sayuran rebus, teh kombucha, yogurt, dan kacang kedelai. Selain itu, imbangi juga dengan kebiasaan makan seperti makan secukupnya agar tidak kekenyangan dan berhenti makan minimal 2 jam sebelum tidur.

Menurunkan Berat Badan


Salah satu cara mengatasi radang lambung yang bisa Anda lakukan yaitu menurunkan berat badan. Biasanya, tubuh yang memiliki berat badan berlebihan cenderung mudah terserang radang lambung. Oleh sebab itu, hanya dengan menurunkan berat badan sekitar 2 sampai 5 kg dapat mengurangi risiko radang lambung kambuh.

Selain itu, kamu juga perlu mengurangi porsi makan agar tidak terlalu kenyang  karena hal itulah yang dapat menekan lambung dan menjadi pemicu radang lambung.

Memberikan Obat yang Sesuai dengan Gejala


Cara mengatasi radang lambung selanjutnya dapat dilakukan dengan memberikan obat pereda nyeri sesuai dengan gejala yang dirasakan. Untuk itu, kamu perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar tidak salah dalam memberikan obat.

Menggunakan hasil diagnosa dokter, kamu akan lebih mudah mengetahui penyebabnya karena ada beberapa radang lambung yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan lainnya.

Mengatur Posisi Tidur yang Nyaman


Memilih posisi tidur yang tepat dapat membantu mencegah radang lambung. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya memilih tidur dengan posisi menghadap ke kiri, lalu menyangganya kepala dan leher menggunakan bantal yang lebih tebal.
Memakai posisi ini dapat membantu menjaga cairan lambung agar tidak mengalir ke atas. Sehingga, tidur akan menjadi lebih nyenyak dan nyaman.

Menghindari Kebiasaan Buruk Bagi Kesehatan


Ada banyak aktivitas yang sering dilakukan dan menyebabkan radang lambung tanpa disadari tetapi tetap dilakukan. Salah satunya yaitu kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol dan soda secara berlebihan, dan makan tidak teratur.

Untuk mengatasi radang lambung, sebaiknya kamu mulai menghentikan kebiasaan tersebut. Upayakan menggantinya menjadi kebiasaan yang lebih sehat. Mulai dari berolahraga serta mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.
Itulah beberapa cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi radang lambung agar tidak bertambah parah. Pada intinya, kamu hanya perlu menjaga gaya hidup agar lebih sehat dan teratur. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kamu agar gangguan pada area pencernaan dan perut tidak bertambah parah.

Baca juga: Tangkal Serangan Penyakit Saat Liburan Natal Dengan Cara Ini
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Selain Bisa Merusak Sendi, Ini 5 Bahaya Asam Urat Lainnya yang Perlu Diketahui!
Selain Bisa Merusak Sendi, Ini 5 Bahaya Asam Urat Lainnya yang Perlu Diketahui!
21 Januari 2020   Kesehatan
Ternyata, bahaya asam urat tidak hanya dapat merusak saraf pada sendi, lho! Simak bahaya lainnya bagi tubuh kamu berikut ini!
Baca Selengkapnya
Punya Hobi Berenang? Ternyata Ini 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan, Lho!
Punya Hobi Berenang? Ternyata Ini 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan, Lho!
21 Januari 2020   Kesehatan
Faktanya, berenang menawarkan manfaat kesehatan yang beragam. Penasaran dengan manfaat berenang bagi tubuh? Yuk, cek 5 manfaatnya berikut ini!
Baca Selengkapnya
Memiliki Riwayat Diabetes? Sebaiknya Kamu Hindari 5 Pantangan Ini
Memiliki Riwayat Diabetes? Sebaiknya Kamu Hindari 5 Pantangan Ini
21 Januari 2020   Kesehatan
Ada beragam makanan dan minuman pantangan diabetes yang perlu diperhatikan. Apa saja pantangan tersebut? Simak 5 di antaranya berikut ini!
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...