20 Agustus 2019   Kesehatan

Cara Melakukan Diet Berdasarkan Golongan Darah yang Tepat

597     26
Ada beragam jenis diet untuk menurunkan berat badan yang banyak dilakoni oleh masyarakat perkotaan saat ini. Salah satu di antaranya adalah diet berdasarkan golongan darah. Diet golongan darah ini lebih menekankan orang untuk makan makanan tertentu sesuai dengan golongan darah.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan untuk mencerna lektin, senyawa yang sejenis dengan protein, berbeda-beda bagi setiap golongan darah. Konsumsi makanan yang salah akan menimbulkan dampak negatif pada tubuh, misalnya kembung, peradangan, hingga melambatnya metabolisme tubuh.

Ada tiga kategori makanan dalam proses diet golongan darah ini yaitu bermanfaat, netral, serta sebaiknya dihindari. Lantas, bagaimana cara memulai diet berdasarkan golongan darah dan apa saja yang harus diperhatikan? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Golongan Darah A


Secara umum, mereka yang bergolongan darah A merupakan seorang vegetarian. Golongan ini tidak cocok untuk mengonsumsi daging, susu perah, kacang merah, serta gandum. Beberapa makanan yang dianjurkan bagi golongan darah A adalah sayur-sayuran, buah-buahan, makanan hasil laut, serta biji-bijian organik yang segar.

Adapun makanan yang dianjurkan saat diet yakni antara lain makanan dengan kandungan minyak sayur, kedelai, serta nanas. Hal ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh sensitif yang dimiliki oleh golongan darah A.

Golongan Darah B


Sementara diet berdasarkan golongan darah B tidak disarankan untuk mengonsumsi jagung, kacang-kacangan, wijen, soba, serta gandum. Mereka yang mempunyai tipe golongan darah ini sebaiknya didorong untuk makan sayur, daging sapi, serta susu rendah lemak.

Meski golongan darah ini termasuk ke dalam omnivora atau pemakan segala, untuk diet yang tepat disarankan agar memperbanyak konsumsi sayuran hijau, telur, teh, dan akar manis.

Golongan Darah O


Untuk golongan darah O sendiri, makanan yang baik dikonsumsi yakni antara lain sayuran, ikan, daging, serta buah-buahan. Berbeda dengan tipe golongan darah yang lain, mereka yang bergolongan darah O sebaiknya membatasi konsumsi padi-padian dan kacang-kacangan.

Walaupun golongan darah ini merupakan golongan tinggi protein, beberapa makanan yang cocok untuk menurunkan berat badan adalah makanan laut, daging merah, kangkung, brokoli, serta bayam. Sementara gandum, jagung, kacang merah, kubis, dan bunga kol sebaiknya dihindari.

Golongan Darah AB


Terakhir, golongan darah AB merupakan campuran dari diet golongan darah A, B, dan O. Beberapa makanan yang cocok antara lain makanan laut, susu perah, tahu, kacang, dan buah-buahan. Sebaliknya, makanan yang dilarang yakni daging merah, kacang merah, jagung, dan soba.

Pemilik golongan darah AB cocok untuk makan sayuran hijau, makanan laut, dan buah nanas selama proses penurunan berat badan. Mereka yang bergolongan darah ini juga cenderung mempunyai asam lambung yang rendah.
Demikian tadi beberapa cara melakukan diet berdasarkan golongan darah. Selain aturan-aturan tersebut, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal seperti jam makan yang tepat, jam tidur yang cukup, konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari, serta berolahraga secara teratur.

Perlu dicatat bahwa proses diet berdasarkan golongan darah ini hanya berlaku bagi mereka yang berada dalam kondisi sehat. Sebaliknya, jika Anda mempunyai gangguan kesehatan kronis, seperti diabetes dan penyakit ginjal, maka praktiknya pun akan berbeda. Yang pasti, selama diet Anda wajib menghindari makanan berlemak tinggi serta makanan bergaram.
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Trik Belanja Saat Harbolnas Agar Barang Incaranmu Bisa Kebeli
Trik Belanja Saat Harbolnas Agar Barang Incaranmu Bisa Kebeli
16 Oktober 2019   Kesehatan
Harbolnas akan segera tiba. Agar tidak kehabisan, Anda bisa mengikuti trik berikut ini agar dapat membeli barang impianmu.
Baca Selengkapnya
Mom! Waspadai 5 Penyakit Musim Hujan yang Sering Menyerang Anak Berikut Ini
Mom! Waspadai 5 Penyakit Musim Hujan yang Sering Menyerang Anak Berikut Ini
16 Oktober 2019   Kesehatan
Musim hujan rentan menimbulkan masalah kesehatan. Berikut ini penyakit musim hujan yang sering menyerang anak yang perlu diwaspadai.
Baca Selengkapnya
Kenali Tanda dan Gejala ISPA Agar Tidak Semakin Parah
Kenali Tanda dan Gejala ISPA Agar Tidak Semakin Parah
16 Oktober 2019   Kesehatan
Hati-hati dengan penyakit ISPA yang mudah menular. Yuk, ketahui tanda dan gejala ISPA agar kamu lebih berhati-hat seperti berikut ini.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...