11 Juni 2018   Kesehatan

Awas! 5 Penyakit Ini Sering Muncul Pasca Jelang Lebaran, Apa Saja?

1171     3
Lebaran menjadi salah satu momen berharga setelah umat muslim melaksanakan ibadah puasa selama 1 bulan. Saat hari Raya Idul Fitri pasti banyak tersaji makanan dan minuman yang sangat menggugah selera. Sebagian besar dari menu yang tersedia, pasti memiliki rasa manis, bersantan, dan berlemak.

Bila tidak mengontrol makanan dan minuman yang dikonsumsi saat lebaran, bisa jadi kamu mengidap berbagai penyakit keesokan harinya. Apa saja ya penyakit yang biasanya muncul setelah lebaran yang perlu kamu waspadai? Yuk, simak uraiannya berikut ini.
 

Peningkatan Kadar Gula Darah dan Kolesterol

Penyakit yang sering muncul saat lebaran pertama adalah meningkatnya gula darah dan berisiko menimbulkan penyakit diabetes. Biasanya kondisi ini bisa terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi makanan manis saat lebaran. Lebaran juga memungkinkan siapa saja mengalami peningkatan kolesterol karena terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak saat lebaran seperti opor ayam, sambal goreng kentang, sayur labu, dan ayam goreng.
 

Diare

Ketika lebaran bisa saja kondisi lingkungan sekitar kamu tidak dalam kondisi yang bersih dan bebas lalat. Bila makanan atau minuman yang kamu konsumsi saat lebaran terkena kotoran dari lalat maupun kotoran lainnya, bisa memengaruhi kesehatan, khususnya sistem pencernaan. Maka dari itu, bila lingkungan tidak dijaga kebersihannya, bukan tidak mungkin jika saat lebaran kamu bisa mengalami diare.
 

Maag

Bagi kamu yang memiliki sakit maag, harap diwaspadai jika penyakit ini bisa saja muncul ketika lebaran. Kondisi ini bisa terjadi akibat berlebihan menyantap makanan yang disajikan saat lebaran. Selain itu, terlalu banyak makan pedas bisa membuat maag kambuh setelah hari Lebaran.  
 

Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan juga bisa menjadi penyakit yang sering muncul saat lebaran. Hal ini diakibatkan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang terdiri dari berbagai macam bumbu, terutama yang memiliki rasa pedas. Biasanya gejala radang tenggorokan muncul seperti ada rasa tertusuk pada tenggorokan dan sakit saat menelan. Selain itu, ada sebagian orang yang juga mengalami pusing kepala yang hebat.
 

Hipertensi

Penyakit yang sering muncul saat lebaran yang perlu juga diwaspadai adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi adalah kondisi tekanan di pembuluh darah yang mengalir ke seluruh tubuh melewati batas aman, yakni berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Kamu harus berhati-hati dengan makanan khas lebaran yang  mengandung tinggi lemak, karena bisa memicu lonjakan tekanan darah tersebut. Maka dari itu, kontrol pola makan saat lebaran, supaya risiko penyakit seperti stroke atau serangan jantung tidak menjangkit tubuh kamu.

Itulah 5 penyakit yang sering muncul saat lebaran. Untuk anak-anak sendiri, masalah kesehatan yang sering dialami adalah demam, muntah, diare, batuk dan pilek, dan juga gangguan pada kulit seperti gatal-gatal. Bila anak kamu mengalami masalah kesehatan saat atau setelah lebaran sebagai orangtua, sebaiknya jangan panik, kamu perlu mengetahui gejala-gejalanya supaya bisa memberikan pertolongan pertama.

Alangkah lebih baik bila kamu juga melengkapi tindakan pencegahan berbagai penyakit dengan membeli asuransi dari AXA Financial Indonesia yang menyediakan pilihan asuransi kesehatan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

AXA Financial Indonesia sendiri memiliki berbagai macam jenis asuransi, yakni AXA Hospital Plus Life, AXA Heart & Save, AXA Cancer & Save, dan AXA Life & Save. Untuk mengetahui lebih lengkap terkait asuransi AXA Financial Indonesia, kamu bisa mengunjungi situs resminya di sini.

Inspirasi Terkait
Terkenal Dengan Bohemian Rhapsody, Ternyata Sejarah Singkat Band Queen Menarik Sekali
Terkenal Dengan Bohemian Rhapsody, Ternyata Sejarah Singkat Band Queen Menarik Sekali
03 Agustus 2018   Lifestyle
Band QUEEN adalah band rock yang berasal dari Inggris. Band ini dibentuk di London pada tahun 1970 setelah kematian Band Smile, QUEEN terdiri dari vokalis Freddie Mercury, gitaris Brian May, bassist John Deacon dan drummer Roger Taylor.
Baca Selengkapnya
Kumpulan Jersey Unik di Piala Dunia Tahun 2018 Ini
Kumpulan Jersey Unik di Piala Dunia Tahun 2018 Ini
03 Agustus 2018   Lifestyle
Perhelatan Piala Dunia 2018 tidak hanya menjadi ajang negara peserta untuk meraih trofi bergengsi lima tahunan. Lebih dari itu piala dunia juga ajang untuk menarik perhatian penonton terhadap kesebelasan negara tertentu lewat suporter, selebrasi gol hingga desain jersey yang merupakan identitas nega
Baca Selengkapnya
Inilah Pemain Bola Terberat, Tertinggi, Terpendek, Termuda dan Tertua di Piala Dunia 2018
Inilah Pemain Bola Terberat, Tertinggi, Terpendek, Termuda dan Tertua di Piala Dunia 2018
03 Agustus 2018   Lifestyle
Piala dunia merupakan pesta olahraga terbesar yang diselenggarakan empat tahun sekali. Piala dunia juga merupakan puncak pagelaran kejuaraan sepak bola tertinggi yang diselenggarakan oleh FIFA. Format piala dunia yaitu diselenggarakan dengan 32 negara dari hamper 5 benua. Tahun ini Rusia terpilih me
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...