19 Mei 2020   Finansial

Ada Cara Bijak Memanfaatkan Uang THR

181     0
Ada dong! Kan THR salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu menjelang Lebaran. THR kalau kamu belum tahu adalah Tunjangan Hari Raya (THR). Nah, perusahaan wajib memberikan THR paling lambat tujuh hari sebelum Lebaran. Sayangnya, dalam hitungan hari, uang THR sering kali habis entah kemana. Karena itu, coba kamu perhatikan cara bijak dalam memanfaatkan uang THR berikut ini.
 

5 Cara Bijak Memanfaatkan Uang THR

1. Siapkan untuk Hari Raya

Sesuai dengan Namanya, Tunjangan Hari Raya, maka kamu wajib menyiapkan dana untuk kebutuhan Hari Raya dari uang THR yang sudah kamu terima. Prioritaskan THR untuk keperluan penting sebelum Lebaran seperti uang untuk zakat dan menyiapkan THR untuk sanak saudara. Jangan berlebihan, tapi juga jangan pelit ya. Tetap dikontrol jumlah yang dikeluarkan.

2. Bayar hutang

Mempunyai hutang berlarut-larut bisa membuat kamu sulit menabung karena pendapatan tiap bulan harus dialokasikan untuk membayar hutang. Nah, kamu bisa memanfaatkan uang THR ini untuk membayar hutang yang ada. Jika kamu tidak punya hutang, kamu bisa menyisihkan 15 persen uang THR untuk dana darurat. Jadi bisa kamu gunakan untuk keperluan mendadak.

3. Simpan untuk tabungan

Jika gaji bulanan kamu sering habis dan membuat kamu kesulitan menabung, inilah saatkan kamu memiliki tabungan. Dengan uang THR ini kamu bisa mendongkrak uang tabungan kamu yang tadinya hanya segitu-segitu saja. Kamu bisa sisihkan 10 persen uang THR untuk ditabung. Ingat, jangan dipakai hanya untuk kesenangan saja ya. Kamu bisa memanfaatkan tabungan ini untuk masa depanmu nanti.

4. Sisihkan untuk Investasi dan Asuransi

Tahukah kamu, dengan menyisihkan separuh THR untuk investasi, kamu sudah menyiapkan modal untuk masa depan yang cerah. Pasalnya, dengan berinvestasi, kamu bisa mendapatkan keuntungan berlipat ganda, salah satunya dengan membeli saham. Selain investasi, asuransi juga penting untuk masa depan kamu. Dengan memiliki asuransi jiwa, kamu telah menyediakan jaminan keamanan finansial untuk orang-orang yang kamu cintai.
 
Temukan asuransi jiwa hanya dengan Rp5.000/hari di banner ini!


5. Berbagai kepada yang membutuhkan

Jangan lupa untuk berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan. Uang THR yang sudah kamu dapatkan adalah berkat dari Tuhan dan kita perlu membagi berkat itu kepada sesama. Dengan berbagi, uang THR kamu bisa menjadi lebih berarti.
 
Itulah lima cara bijak memanfaatkan uang THR. Hindari belanja barang-barang yang tidak penting agar uang THR kamu tidak terbuang percuma. Bijaklah dalam menggunakan uang THR yang ada agar dapat bermanfaat untuk kedepannya.
 
 
Baca Juga: Ini Cara Menghitung Pajak THR, Pajak Tunjangan Hari Raya

Sumber: cermati.com
 

Inspirasi Terkait
Tutorial Makeup Natural di Hari Lebaran ala Beauty Vlogger
Tutorial Makeup Natural di Hari Lebaran ala Beauty Vlogger
23 Mei 2020   Lifestyle
Mau tampil cantik saat Lebaran nanti? Coba tutorial makeup ala Beauty Vlogger. Cek di sini!
Baca Selengkapnya
Aneka Kue Lebaran yang Selalu Ada di Meja
Aneka Kue Lebaran yang Selalu Ada di Meja
22 Mei 2020   Lifestyle
Selain menyiapkan ketupat, kamu juga perlu menyiapkan kue-kue kering ini loh di meja. Apa saja itu?
Baca Selengkapnya
Makanan Khas Lebaran yang Paling Ditunggu
Makanan Khas Lebaran yang Paling Ditunggu
22 Mei 2020   Lifestyle
Walaupun Lebaran #DIRUMAHAJA, tapi kita tetap bisa menikmati makanan khas Lebaran dong. Apa saja itu?
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...