18 Maret 2020   Kesehatan

6 Pilihan Makanan Sehat untuk Para Pengidap Asam Lambung

0     0
Tak jarang dari orang yang sering menyepelekan sakit perut akibat asam lambung. Namun tanpa disadari, ketika masalah ini tidak bisa diatasi dengan baik, tentu saja bisa mengganggu dan menghambat aktivitas sehari-harimu.

Kini, gejala dan penyakit asam lambung lebih sering menyerang generasi muda, karena kebanyakan dari mereka sering melewatkan jam makan. Tak hanya itu saja, faktor makanan yang dikonsumsi pun bisa menjadi salah satu faktor risiko, banyak generasi muda yang mengonsumsi makanan pedas, minuman dengan kandungan gula yang tinggi, hingga kopi kekinian dengan beragam varian.

Untuk mengatasi masalah tersebut supaya tidak bertambah parah, kamu dapat mulai menjaga makanan untuk asam lambung dengan beberapa pilihan berikut ini. Apa saja? Yuk, di simak bersama-sama!

Mengonsumsi Sayuran Berwarna Hijau


Kamu dapat mulai memilih makanan untuk asam lambung dengan mengonsumsi berbagai jenis sayuran hijau. Beberapa sayuran yang sebaiknya dipilih yakni sayur buncis, selada, timun, brokoli, dan juga asparagus. Perlu diketahui, bahwa kandungan di dalam jenis sayuran tersebut mampu menurunkan asam lambung, sehingga dapat melancarkan pencernaan.

Mengonsumsi sayuran secara rutin juga mampu mencegah peningkatan produksi asam lambung karena terdapat kandungan belerang, kalsium, potasium, dan serat.

Memilih Buah Pisang sebagai Pelengkap Hari


Buah pisang pun bisa menjadi alternatif makanan untuk asam lambung yang aman dikonsumsi, sehingga dapat mengurangi rasa tidak nyaman di perut. Kamu perlu tahu, kalau dalam buah pisang terdapat kandungan serat yang dapat melancarkan pencernaan sekaligus mencegah produksi asam lambung secara berlebihan.
Tak hanya itu saja, pisang juga mampu melindungi saluran pencernaan serta dinding perut dari iritasi. Kamu dapat mengonumsi pisang 30 hingga 45 menit sebelum makan untuk meredakan rasa nyeri di perut.

Meminum Air Jahe untuk Menghangatkan Pencernaan


Asam lambung memang sudah sering menyerang sebagian besar orang sejak dahulu. Sehingga, penggunaan rempah-rempah untuk mengobati lambung menjadi solusi yang telah dilakukan secara turun-temurun menggunakan jahe.

Iritasi yang ditimbulkan akibat asam lambung dapat diatasi dengan mengonsumsi air jahe, karena selain mengobati, rempah tersebut juga dapat memberikan kehangatan sehingga perut terasa lebih nyaman.

Mengganti Sarapan dengan Gandum dan Biji-bijian


Saat perut merasa nyeri akibat asam lambung, dapat juga diobati tanpa menggunakan bahan kimia, lho. Kamu bisa mengonsumsi makanan berupa biji-bijian dan gandum yang mana di dalamnya terdapat kandungan vitamin, serat, serta nutrisi.

Mengonsumsi makanan tersebut saat sakit dapat menurunkan gejala reflux sekaligus membuat perut terasa kenyang lebih lama daripada jenis makanan lainnya.

Minum Air Lidah Buaya


Lidah buaya yang dikenal akan khasiatnya terhadap dunia kecantikan ternyata memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh. Salah satunya mampu mengatasi sakit asam lambung. Nantinya, lidah buaya bisa dijadikan jus dan mampu membuat tubuh terasa lebih segar setelah meminumnya.

Kandungan vitamin yang cukup lengkap serta mineral zinc, kalsium, fosfor, mangan, tembaga, sodium, dan lainnya dapat mengatasi rasa sakit di sekitar area perut akibat asam lambung.

Memilih Daging Tanpa Lemak untuk Disantap


Jenis daging yang tinggi akan lemak memang bagus untuk tubuh, namun harus dihindari oleh penderita asam lambung karena dapat memicu naiknya cairan asam di lambung. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya memilih makanan untuk asam lambung seperti daging rendah lemak.

Daging tersebut bisa berupa ikan atau daging merah tanpa lemak. Kamu bisa menikmati makanan tersebut yang diolah dengan cara dikukus, bakar, panggang, atau direbus.

Dengan menjaga makanan yang aman untuk asam lambung dapat membantu tubuh pulih lebih cepat dan tidak mudah kambuh. Kamu hanya cukup dengan mengikuti beberapa bahan makanan yang sudah disebutkan  untuk mendapatkan manfaatnya. Selamat mencoba.

Baca Juga: Kenali CiriI-Ciri Maag Kronis Sebelum Bertambah Parah!
 
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Ketahui Ciri-ciri & Gejala Diabetes Melitus yang Sebaiknya Diwaspadai
Ketahui Ciri-ciri & Gejala Diabetes Melitus yang Sebaiknya Diwaspadai
02 April 2020   Kesehatan
Ada berbagai gejala diabetes melitus yang bakal muncul saat gangguan kesehatan ini menyerang seseorang. Untuk informasi lebih lanjut, simak ulasannya di bawah ini!
Baca Selengkapnya
Cara Mempersiapkan Dana Darurat dengan Baik & Tepat yang Perlu Diterapkan
Cara Mempersiapkan Dana Darurat dengan Baik & Tepat yang Perlu Diterapkan
02 April 2020   Lifestyle
Mempersiapkan dana darurat memang gampang-gampang tapi susah. Kamu masih memiliki harapan untuk menyiapkannya sejak dini dengan beberapa langkah yang tepat berikut
Baca Selengkapnya
7 Perencanaan Keuangan Keluarga untuk Pasangan Baru
7 Perencanaan Keuangan Keluarga untuk Pasangan Baru
02 April 2020   Lifestyle
Perencanaan keuangan keluarga merupakan istilah yang digunakan pada sistem pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh keluarga demi mencapai tujuan yang diinginkan. Lantas, bagaimana proses perencanaan keuangan keluarga yang benar?
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...