18 Maret 2020   Kesehatan

6 Langkah Melakukan Kegiatan Hidup Sehat yang Harus Dimulai Sejak Dini

915     0
Kegiatan hidup sehat wajib diterapkan oleh semua orang, baik mereka yang masih berusia muda maupun yang sudah lanjut usia. Hal ini disebabkan oleh banyaknya risiko gangguan kesehatan yang mengancam setiap hari. Lantas, bagaimana cara menerapkan kegiatan hidup sehat yang tepat? Yuk, simak 6 langkah yang harus dimulai sejak dini berikut!

Aktif Melakukan Kegiatan Fisik


Hampir di seluruh negara belahan dunia sedang mengalami masalah epidemi bernama obesitas atau berat badan berlebih. Masalah ini menjadi ancaman, sebab adanya berbagai risiko penyakit yang bisa muncul, seperti jantung koroner, hipertensi, strok, diabetes melitus, hingga pengapuran sendi.

Dengan memperbanyak aktivitas fisik seperti berjalan, joging, bersepeda, atau renang, maka tubuh akan menjadi lebih sehat dan bebas dari berbagai gangguan kesehatan yang tidak diinginkan. Selain menyehatkan, aktivitas ini juga berguna menjaga berat badan tetap ideal.

Tidur yang Cukup


Banyak orang yang menganggap tidur sebagai aktivitas sepele. Padahal, dengan memiliki tidur yang cukup mampu mengistirahatkan otot, pikiran, menurunkan tingkat stres, menekan risiko penyakit, serta mampu meregenerasi sel-sel dalam tubuh, lho. Berbagai penelitian merekomendasikan bahwa orang dewasa sebaiknya memiliki tidur selama 7-9 jam per harinya.

Berhenti Merokok dan Minum Minuman Beralkohol


Kedua aktivitas ini sebenarnya menjadi pantangan bagi setiap orang untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik. Pasalnya, baik merokok maupun minum-minuman beralkohol, besar kemungkinan memicu munculnya berbagai penyakit serius, mulai dari depresi, diabetes, hingga gangguan kardiovaskular (penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah).

Perbanyak Makan Sayur dan Buah


Kebutuhan asupan tubuh tidak hanya protein dan kalori saja, tetapi juga vitamin dan mineral. Sementara itu, sudah bukan rahasia lagi jika asupan vitamin dan mineral untuk tubuh bisa didapatkan dari sayur dan buah. Sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari adalah sayuran hijau karena kandungan seratnya yang tinggi serta kaya akan vitamin dan mineral. Menariknya, sayur hijau terbilang lebih murah dan mudah didapatkan.

Kandungan nutrisi di dalam buah-buahan tidak hanya berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh saja, namun juga bisa membantu proses penyembuhan penyakit. Pasalnya, di dalam buah-buahan terdapat air, zat gizi, berbagai jenis vitamin, serta antioksidan.

Selalu Jaga Hubungan Sosial


Tidak banyak yang menyadari bahwa masalah kesehatan tidak melulu mengenai makanan dan minuman yang kita makan. Kegiatan hidup sehat juga terkait dengan hubungan sosial seseorang dengan orang lain di sekelilingnya, seperti pasangan, keluarga, dan rekan kerja.

Ketika hubungan sosial bermasalah, maka kondisi ini bisa berdampak pada buruknya kesehatan mental dan berujung pada gangguan kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, selalu jaga hubungan baik dengan orang di sekelilingmu dan luangkan waktu dengan mereka untuk sekadar bercengkerama, ya.

Cek Kesehatan Secara Berkala


Siapa sangka, bahwa pengecekan kesehatan secara rutin dan berkala pun mampu membuat kamu memiliki umur lebih panjang. Tak sedikit dari orang yang ke rumah sakit hanya ketika mereka sedang mengalami gangguan kesehatan. Padahal, melakukan medical check-up di rumah sakit maupun Puskesmas, merupakan hal penting karena kamu akan mendeteksi penyakit sedari dini.

Nah, itu tadi beberapa informasi terkait kegiatan hidup sehat yang perlu diterapkan oleh setiap orang. Anjuran ini pun sejalan dengan kampanye Kementerian Kesehatan Indonesia bernama Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Baca juga: Gaya Hidup Masa Kini, Kesehatan Masa Gitu!

Jangan lupa pula untuk selalu menghindari konsumsi makanan olahan agar gaya hidup sehat tetap terjaga. Dengan menerapkan semua hal ini, maka secara tidak langsung kita telah menjadi bagian dalam perubahan untuk Indonesia yang lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat!
 
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Ketahui Ciri-ciri & Gejala Diabetes Melitus yang Sebaiknya Diwaspadai
Ketahui Ciri-ciri & Gejala Diabetes Melitus yang Sebaiknya Diwaspadai
02 April 2020   Kesehatan
Ada berbagai gejala diabetes melitus yang bakal muncul saat gangguan kesehatan ini menyerang seseorang. Untuk informasi lebih lanjut, simak ulasannya di bawah ini!
Baca Selengkapnya
Cara Mempersiapkan Dana Darurat dengan Baik & Tepat yang Perlu Diterapkan
Cara Mempersiapkan Dana Darurat dengan Baik & Tepat yang Perlu Diterapkan
02 April 2020   Lifestyle
Mempersiapkan dana darurat memang gampang-gampang tapi susah. Kamu masih memiliki harapan untuk menyiapkannya sejak dini dengan beberapa langkah yang tepat berikut
Baca Selengkapnya
7 Perencanaan Keuangan Keluarga untuk Pasangan Baru
7 Perencanaan Keuangan Keluarga untuk Pasangan Baru
02 April 2020   Lifestyle
Perencanaan keuangan keluarga merupakan istilah yang digunakan pada sistem pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh keluarga demi mencapai tujuan yang diinginkan. Lantas, bagaimana proses perencanaan keuangan keluarga yang benar?
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...