12 September 2018   Lifestyle

5 Tips yang Perlu Diketahui Sebelum Bekerja di Coworking Space

100     0
Perkembangan teknologi saat ini memberikan banyak peluang kepada para pekerja. Belum lagi industri kreatif yang melahirkan banyak profesi baru. Hal-hal ini pun membuat suasana kerja semakin menyenangkan dan dinamis. Beragam pekerjaan kini dapat dikerjakan tanpa harus berkantor.

Selain kafe, Coworking Space menjadi salah satu tempat kerja yang saat ini tengah booming. Coworking Space sendiri adalah ruang kerja bersama yang didesain khusus dengan konsep minimalis. Memiliki fungsi yang sama dengan kantor, ruang ini juga menyediakan beragam fasilitas, antara lain ruang meeting, internet, printer, serta peralatan kantor lainnya.
Nah, sebelum bekerja di Coworking Space ada baiknya untuk mengetahui beragam tips mendasar. Meskipun terlihat santai dan terbuka, ruang kerja bersama ini juga diisi oleh banyak orang dengan latar yang berbeda-beda. Apa saja tipsnya? Yuk, simak 5 listnya di bawah ini:


Memelihara Kebersihan dan Kerapian

Hal pertama yag harus diperhatikan sebelum bekerja di sini adalah dengan tetap memelihara kebersihan dan kerapian. Rata-rata Coworking Space menyediakan pantry. Para membernya juga diperbolehkan untuk makan dan minum di tempat kerja. Olehnya itu, saat selesai makan singkirkan dan bersihkan sisa makanan dan minuman. Jangan lupa untuk menghapus papan tulis ketika selesai digunakan.

 

Memperhatikan Batasan Meja Kerja

Secara umum, desain meja kerja Coworking Space bersifat memanjang. Hal ini menandakan bahwa kamu akan menggunakan meja yang sama dengan member lainnya. Ketahuilah batasan meja kerja dan barang-barang bawaan agar tidak menggangu orang lain.


Menggunakan Fasilitas Sekenanya

Keberadaan fasilitas umum yang disediakan di sebuah Coworking Space seperti printer, kertas, atau bahkan post-it ada baiknya hanya digunakan sekenanya. Meskipun gratis, tetap saja fasilitas-fasilitas ini.


Menjaga Ketenangan Bersama

Coworking Space adalah ruang yang memungkinkan beragam orang dari latar belakang dan keahlian yang berbeda-beda untuk bekerja di tempat yang sama. Hal ini pun membuat jumlah orang yang datang ke tempat seperti ini tidak akan terbatas jumlahnya. Maka dari itu, ada baiknya untuk menjaga ketenangan bersama agar suasana kerja tetap kondusif.
Sebagai contoh, jika kamu harus menerima telepon, coba untuk berpindahkan ke ruangan yang agak sepi agar pembicaraanmu tidak mengganggu orang lain. Kamu juga bisa memanfaatkan headset untuk menelpon atau bahkan mendengarkan musik sambil bekerja. Ingat ya, pastikan smartphonemu berada dalam model silent atau getar.


Aktif Berinteraksi dengan Sesama Member

Terakhir, seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Coworking Space adalah tempat yang ramai, maka ada baiknya untuk menjalin komunikasi dan aktif berinteraksi dengan sesama member. Siapa tahu jaringan pertemananmu bisa semakin bertambah sehingga tidak menutup kemungkinan lahir kolaborasi-kolaborasi baru.
Cobalah untuk mulai berkenalan dengan orang yang duduk di samping kanan dan kiri dengan cara yang sopan serta profesional. Tidak jarang sebuah Coworking Space aktif mengadakan seminar atau workshop untuk sebuah bidang ilmu. Bergabunglah dengan acara-acara tersebut sehingga bukan hanya ilmumu yang bertambah tapi juga relasi.

Nah, itu tadi 5 tips yang perlu kamu ketahui sebelum bekerja di Coworking Space. Sebagai sebuah tempat kerja yang nyaman dan fleksibel, bekerja di Coworking Space tentu saja akan melahirkan ide baru, inovasi-inovasi mumpuni, serta menambah lingkar pertemanan.

Hal ini tentu saja akan sangat menguntungkan bagi mereka yang sedang merintis bisnis seperti startup atau bahkan para pekerja lepas. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba bekerja di Coworking Space?

Inspirasi Terkait
Fans Sejati Guns N’ Roses Perlu Tahu Sejarah Menarik Band Legendaris Ini
Fans Sejati Guns N’ Roses Perlu Tahu Sejarah Menarik Band Legendaris Ini
13 Nopember 2018   Kesehatan
Nama Guns N Roses sendiri berasal dari gabungan nama terakhir personel Guns N’ Roses sendiri, yaitu AXL Rose sang Vokalis dan Tracii Guns sang Lead Guitars. AXL dan Tracii merupakan anggota dari dua band yang berbeda. Sebelum mendirikan Guns N’ Roses atau GNR, AXL merupakan seorang vokalis dari Band
Baca Selengkapnya
Wajib Nonton! 5 Film Drama Keluarga Terbaik
Wajib Nonton! 5 Film Drama Keluarga Terbaik
15 Oktober 2018   Lifestyle
Bingung ingin melakukan apa untuk menghabiskan masa liburan bersama keluarga? Tidak ada salahnya untuk mengajak anggota keluarga lainnya untuk menonton film. Nah, apa saja sih film drama keluarga terbaik yang wajib kamu tonton? Yuk, cek 5 daftarnya berikut ini:
Baca Selengkapnya
Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Perlu Diketahui
Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Perlu Diketahui
15 Oktober 2018   Kesehatan
Pada tanggal 9 September kemarin, masyarakat Indonesia baru saja selesai merayakan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Puncak perayaan Haornas kali ini dilaksanakan di Gelora Kie Raha, Ternate, Maluku Utara. Hal ini diumumkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...