Teknologi

5 Macam Penyakit Paru-paru yang Harus Diketahui, Apa Saja?

Paru-paru memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh manusia sebagai organ pernapasan dan sistem peredaran darah. Fungsi utama paru-paru yaitu sebagai organ respirasi, yang mana sebagai pertukaran gas karbon dioksida dan oksigen. Proses tersebut disebut dengan pernapasan eksternal atau bernapas.

Selain itu, paru-paru memiliki fungsi lain, yakni untuk menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah serta sebagai lapisan pelindung hati dari guncangan. Jika paru-paru manusia mengalami gangguan tentunya akan berisiko mengalami penyakit pernapasan. Perlu diketahui, jika semua jenis penyakit paru-paru bisa membahayakan kesehatan manusia dan menyerang organ terpenting pada tubuh. Kira-kira apa saja macam-macam penyakit paru-paru yang bisa diidap oleh seseorang, berikut informasinya yang perlu diketahui.
 

Asma

Salah satu macam penyakit paru-paru yang cukup populer adalah Asma. Penyakit yang satu ini akan terjadi karena radang paru-paru yang dapat menimbulkan rasa sesak nafas bagi para pengidapnya. Biasanya serangan sesak nafas ditandai dengan pernafasan yang mengeluarkan suara secara berulang-ulang. Asma sendiri memiliki beberapa tingkatan mulai dari tingkat rendah sampai dengan asma yang berada pada tingkat tertinggi.

Pneumonia

Pneumonia atau yang biasa disebut juga dengan penyakit radang paru-paru, penyakit ini termasuk  dalam kategori yang cukup berbahaya, karena tidak hanya menular, tetapi bila tidak segera diobati bisa menyebabkan kematian. Penyakit pneumonia bisa menyerang kaum dewasa maupun anak-anak.

Penyakit pneumonia merupakan salah satu penyakit paru-paru basah yang disebabkan oleh adanya peradangan di salah satu atau pada kedua bagian paru-paru. Penyebab utama infeksi bakteri, sering kali dari jenis streptococcus pneumoniae. Gejala utama yang bisa dialami adalah demam tinggi, batuk dahak berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

Legionnaries

Penyakit legionnaries disebabkan oleh bakteri bernama legionella pneumophilia yang sering ditemukan pada sebagian sumber air, khususnya pada saluran pipa ledeng dan dimanapun lokasinya yang ada air yang menggenang. Pertumbuhan bakteri tersebut cukup cepat dan bisa berkembangbiak di dalam air. Kebanyakan bakteri ini muncul saat musim hujan. Gejala legionnaries mirip pneumonia atau radang paru-paru khususnya gangguan saluran napas. Namun, legionnaries juga bisa mengalami diare, nyeri perut, atau ikterus.

Pneumotoraks

Macam penyakit paru-paru lainnya, yakni pneumotoraks yang ada pada selaput paru atau yang disebut pleura. Penyakit ini disebabkan karena satu atau kedua membran pleura tertembus dan udara masuk ke dalam rongga pleura sehingga menyebabkan paru-paru mengempis. Penyebab lain dari pneumotoraks adalah patah tulang rusuk dan luka dada. Biasanya, gejala yang terjadi yakni dada sesak, nyeri, dan sesak napas.

Tuberkulosis

Penyakit paru-paru yang terakhir adalah Tuberkulosis. Penyakit ini termasuk yang cukup banyak diidap oleh masyarakat, termasuk bisa menyerang anak-anak yang memiliki sistem imun yang belum stabil. Gejala pada penyakit ini, yakni demam dan batuk terus-menerus, nafsu makan menurun, dan tubuh yang melemah.

Itulah 5 macam penyakit paru-paru yang perlu kamu waspadai. Alangkah lebih baik bila kamu juga melengkapi tindakan pencegahan penyakit  paru-paru maupun penyakit lainnya dengan membeli asuransi dari AXA Financial Indonesia yang menyediakan pilihan asuransi kesehatan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Salah satu asuransi AXA Financial Indonesia, yakni AXA Hospital Plus Life yang menawarkan berbagai keuntungan, di antaranya pertanggungan ICU (tahun ke-1 s.d ke-4) untuk harian rawat inap apa bila dirawat di ICU dengan besar manfaat Rp3.000.000 per hari, maksimal 30 hari per tahun.  Selain itu, kamu bisa menikmati keuntungan 100% pengembalian premi di akhir tahun ke-12, ada atau tidak ada klaim jika tertanggung masih hidup dan polis masih aktif.

AXA Financial Indonesia juga menyediakan fasilitas cicilan 0% untuk pembelian semua produk asuransi. sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi karena durasi cicilan bisa disesuaikan mulai dari 3, 6, hingga 12 bulan. Untuk mengetahui lebih lengkap terkait asuransi AXA Hospital Plus Life, kamu bisa mengunjungi situs resminya di sini

Berita Terkini

AXA Indonesia

Inspirasi Terkait

Mohon tunggu...