Tips dan Manfaat Olahraga Calisthenic atau Street Workout Untuk Kesehatan

Pentingnya olahraga dan menjaga tubuh semakin disadari oleh banyak orang. Saat ini, kamu bisa melihat ramainya tempat olahraga yang dipenuhi banyak orang untuk sekedar menjaga stamina, menurunkan berat badan, atau membentuk badan ideal. Tapi, tak semua orang rela mengalokasikan uang mereka untuk jadi anggota gym. Apalagi untuk kamu yang tidak rajin datang ke gym uang member kamu akan terbuang sia-sia.

Ada beberapa pilihan olahraga untuk kamu yang tidak suka berolahraga di gym seperti berlari, berenang dan bersepeda. Selain beberapa pilihan olahraga di atas ada salah satu tren olahraga baru yaitu calisthenic atau street workout. Untuk lebih mengenal olahraga calisthenic itu sendiri, sebenarnya olahraga jenis ini adalah olahraga yang hanya menggunakan berat tubuh kita sendiri tanpa harus menggunakan beban tambahan seperti barbel dan dumbel, yang kamu butuhkan hanya kemauan untuk berolahraga.

Walaupun dilakukan tanpa alat pembantu namun hasil yang didapatkan dari calisthenic tidak kalah dari fitnes yang dilakukan di gym, tubuh juga akan menjadi atletis dan tampak indah dipandang mata, bahkan bisa dibilang bentuk tubuh yang dihasilkan dari calisthenic training cenderung lebih proporsional. Selain membentuk tubuh ternyata olahraga calisthenic atau street workout memiliki beberapa manfaat seperti:
 

Lebih Praktis

Mengenal olahraga calisthenic tak lepas dari manfaatnya. Salah satu manfaat street workout adalah lebih praktis dari olahraga lain jadi kamu tidak memerlukan tempat dan peralatan olahraga lain. Latihan dengan calisthenic tentu saja lebih praktis karena tidak memerlukan alat yang sulit didapatkan, mahal, dan tidak ringkas. Kebanyakan gerakan calisthenic ini hanya membutuhkan berat tubuh kamu. Hanya ada beberapa gerakan yang membutuhkan alat bantu itu pun hanya sebuah bar untuk pull up dan variasinya serta bangku untuk melakukan macam-macam gerakan dips.


Dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja

Kelebihan kedua olahraga calisthenic adalah bahwa calisthenic training dapat dilakukan dimana saja baik di rumah, di tanah lapang, bahkan di kantor ketika anda sedang istirahat karena gerakan-gerakan latihan ini tidak membutuhkan tempat yang luas dan peralatan yang merepotkan. Kamu bisa melakukan gerakan ini hampir dalam setiap kesempatan baik hari biasa, akhir pekan, maupun ketika sedang liburan.
 

Banyak variasi gerakan

Mengenal olahraga calisthenic tak lepas dari manfaatnya yang membentuk hampir semua anggota tubuh kamu. Alasan mengapa olahraga ini bisa membentuk hampir semua anggota tubuh kamu adalah karena street workout ini memiliki banyak variasi gerakan. Salah satu perbedaan calisthenic dengan latihan beban adalah calisthenic mengandalkan gerakan yang lebih sulit dari tiap tingkatannya sedangkan latihan beban mengandalkan jumlah beban yang dapat diangkat.

Sebagai contoh kita mengenal gerakan push up, maka tingkatan yang lebih tinggi kita akan mengenal diamond push up, one hand push up, dan lain sebagainya. Inilah yang membuat variasi gerakan calisthenic menjadi sangat banyak. Kamu juga bisa menentukan bagian tubuh bagian mana yang kamu ingin bentuk setiap kamu training.
 

Melatih banyak bagian otot sekaligus

Manfaat olahraga calisthenic berikutnya adalah olahraga yang satu ini melatih beberapa otot sekaligus setiap training. Berbeda dengan latihan latihan beban di gym yang gerakannya terfokus untuk melatih salah satu bagian otot saja, Keistimewaan calisthenic training adalah kemampuan latihan ini untuk melatih beberapa bagian otot sekaligus. Sebagai contoh adalah gerakan push up, gerakan ini dapat melatih tangan, bahu, dada, punggung, dan bahkan perut secara bersamaan.
 

Bentuk tubuh lebih proporsional

Manfaat olahraga calisthenic berikutnya adalah kamu dapat membentuk tubuh kamu menjadi lebih proporsional. Mungkin kamu pernah melihat seorang binaraga yang memiliki tubuh tidak seimbang, ada bagian yang besar ada bagian yang kecil, hal ini dikarenakan latihan beban umumnya fokus ke bagian otot tertentu jadi menyebabkan badannya tidak proporsional.

Calisthenic berbeda dengan latihan beban karena dapat melatih beberapa bagian otot sekaligus sehingga otot-otot tersebut berkembang secara bersamaan dan seimbang, hal inilah yang membuat tubuh lebih proporsional dengan calisthenic. Untuk mengenal olahraga calisthenic lebih jauh kamu bisa bergabung di komunitas street workout di daerah sekitarmu.

Itulah beberapa manfaat melakukan olahraga calisthenic atau street workout. Untuk mendapatkan manfaatnya dengan maksimal kamu harus lebih mengenal olahraga calisthenic dengan mencoba melakukan olahraga ini di rumah. Selain baik untuk membentuk tubuh, olahraga yang satu ini terbukti baik juga untuk menjaga kesehatan kamu. Nah jika kamu ingin menjaga kesehatan kamu sambil membentuk tubuh atletis, olahraga ini merupakan pilihan yang tepat.
Mohon tunggu...