Meskipun Nikmat, Ternyata 5 Makanan Khas Lebaran Ini Berbahaya Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

Lebaran merupakan momen yang paling ditunggu oleh semua anggota keluarga. Selain acara kumpul keluarga, makanan spesial Lebaran adalah salah satu yang paling ditunggu saat momen Lebaran datang. Saat lebaran tersaji beberapa makanan khas mulai dari makanan ringan hingga makanan berat pun ada.

Tapi patut diingat, kamu harus mewaspadai makanan khas lebaran dan juga bahayanya, karena tidak semua makanan yang tersaji di meja makan baik untuk kesehatan kamu. Kamu harus makan dengan porsi yang tidak berlebihan agar tidak mendapat bahaya makanan khas Lebaran.

Coba cek, apakah makanan tersebut membahayakan kesehatan kamu atau tidak. Jangan sampai perayaan hari kemenangan membuat kamu jatuh sakit. Ini ada beberapa bahaya makanan khas Lebaran yang harus kamu waspadai:
 

Opor Ayam atau Rendang

Makanan Lebaran biasanya identik dengan opor ayam dan rendang daging karena memiliki rasa yang istimewa dan terkenal akan kelezatannya. Salah satu makanan khas ini tidak sehat jika dikonsumsi berlebihan. Bahaya makanan khas lebaran yang satu ini adalah santan yang dapat memicu kolesterol dalam tubuh.

Sebaiknya kamu makan opor dan rendang tidak secara berlebihan agar kolesterol dalam tubuh kamu tidak meningkat. Pilihlah salah satu, jika kamu makan rendang daging, maka baiknya kamu tidak mengambil opor ayam ke dalam piring kamu.

Gulai Kari dan Sate Kambing

Makanan Lebaran kedua yang harus diwaspadai adalah gulai kari dan sate kambing. Bahaya makanan khas lebaran yang satu ini sama bahayanya dengan opor dan rendang, yaitu santannya dapat memicu kolesterol.

Sudah pasti, ketika kamu memakan makanan tersebut secara berlebihan, maka kolesterol dalam tubuh akan meningkat. Tak hanya itu, sate kambing juga diketahui dapat memicu hipertensi dan dyslipidemia serta dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke bagi penderitanya.
 

Es Sirup dan Soda

Minuman menyegarkan ini memang paling enak ketika diminum bersama dengan makanan Lebaran yang telah disajikan, terlebih lagi disajikan dengan es batu yang dingin. Walaupun enak, ingatlah bahwasanya rasa manis dari sirup bisa mengakibatkan efek yang buruk pada tubuh. Bahaya makanan khas lebaran yang satu ini adalah glukosa atau gula yang tinggi berpotensi penyakit diabetes melitus dan obesitas. Kemudian, minuman soda dapat membahayakan kesehatan lambung dan tulang. Jadi, batasi konsumsi dua minuman ini ya.


Soto Jeroan

Siapa yang tidak akan tergoda dengan makanan Lebaran yang satu ini? Kuah sotonya yang hangat dan gurih, dicampur dengan bawang goreng yang lezat, pas sekali dengan hidangan ketupat yang pasti ada di meja saat Idulfitri. Selain karena rasanya enak, ternyata soto jeroan tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Bahaya makanan khas Lebaran yang satu ini adalah soto jeroan dapat meningkatkan kadar kolesterol dan asam urat. Kemudian jika kamu konsumsi makanan ini secara berlebihan dapat menyebabkan penyakit jantung.
 

Kue Kering

Kue kering sama dengan opor ayam karena kedua makanan ini selalu hadir saat hari Lebaran. Tak lengkap rasanya bila kue kering dalam toples tidak hadir di meja saat Lebaran. Sayangnya kue kering dengan rasa manis dan gurih ini memiliki kandungan kalori yang tinggi. Sehingga kamu yang mengidap diabetes melitus dan obesitas diharapkan menjauhi hidangan kue-kue kering ini.

Semua makanan Lebaran yang tersaji di meja makan memang memiliki rasa yang lezat dan nikmat, terlebih lagi disantap bersamaan pada acara halal bihalal oleh keluarga. Namun kamu harus mewaspadai bahaya makanan khas Lebaran jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan.
Mohon tunggu...